PEMBANGUNAN MULTISEAT UNTUK LAYANAN MULTIPLE CLIENT MENGGUNAKAN XORG SERVER BERBASIS UBUNTU

AMANDA UMY KULSUM

Informasi Dasar

16.06.549
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi komputer menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk masyarakat. Seiring dengan perkembangannya, terdapat beberapa masalah yang muncul. Perbedaan jangkauan biaya serta tingkat perekonomian masyarakat menyebabkan banyaknya kalangan yang tidak mampu menikmati teknologi tersebut. Terutama pada sektor pendidikan, tepatnya di sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Untuk itu, dibutuhkan sebuah teknologi untuk menekan pengeluaran biaya dan memberikan kemudahan untuk siswa dalam proses belajar. Multiseat adalah salah satu teknologi yang termasuk kedalam kategori Desktop Virtualization.
Multiseat dibangun dengan melakukan konfigurasi pada Xorg server, systemd, serta penambahan perangkat untuk masing-masing seat. Sistem operasi yang digunakan untuk membangun Multiseat adalah Ubuntu GNOME 16.04 LTS. Terdapat beberapa tools yang dapat digunakan pada PC Multiseat diantaranya GIMP, Libre Office, VLC multimedia player, dan lain-lain.
Hasil yang diperoleh dari pembangunan Multiseat menggunakan Xorg server pada sistem operasi Ubuntu GNOME 16.04 LTS adalah sebuah PC yang dapat digunakan oleh dua user secara bersamaan. Multiseat dapat pula digunakan untuk mengoperasikan seluruh perangkat lunak yang tersedia pada sistem operasi oleh masing-masing seat pada waktu yang sama. Performansi perangkat yang ditunjukan pada system monitor dapat menjadi bukti bahwa Multiseat tidak membutuhkan perangkat khusus dalam pembangunannya.
Kata kunci : Multiseat, Ubuntu GNOME 16.04, Desktop Virtualization, X.org, X server, Expansion Card, systemd.

Subjek

computer architectures
 

Katalog

PEMBANGUNAN MULTISEAT UNTUK LAYANAN MULTIPLE CLIENT MENGGUNAKAN XORG SERVER BERBASIS UBUNTU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANDA UMY KULSUM
Perorangan
HENRY ROSSI ANDRIAN, MOCHAMMAD FAHRU RIZAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Komputer
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini