PENERAPAN METODE SIX SIGMA DALAM PROSES PROVISIONING INDIHOME ( Studi Kasus : Provisioning Indihome Telkom Kawasan Timur Indonesia )

DEDY ISNANDAR

Informasi Dasar

16.05.060
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis yang berjalan dalam proses provisioning Indihome, dengan menggunakan metode DMAIC Six Sigma khususnya pada bidang jasa so it can be a source of information and reference in policy making, especially related to business process autoprovisioning systems in Fiber To The Home (FTTH) and copper network , sehingga PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dapat mencari solusi terbaik dan strategi yang tepat dalam memberikan layanan Indihome lebih cepat kepada pelanggan. Penelitian dilakukan pada bagian Akses khususnya yang terkait dalam proses Provisioning Indihome Dalam penelitian ini menggunakan metode Define, Measure, Analyze, Improve , Control (DMAIC) Six Sigma untuk menentukan tahapan proses mana saja dalam proses provisioning yang memiliki pengaruh besar dalam percepatan pemenuhan layanan Indihome khususnya pada Daerah Telkom Kawasan Timur Indonesia Pengolahan data populasi yang diambil adalah Sampel order layanan yang mengalami keterlambatan dalam proses pemenuhan layanan khususnya pada daerah Telkom Kawasan Timur Indonesia. Pengambilan data dilakukan menggunakan data sekunder dari 400 order layanan yang terlambat untuk mengetahui tahapan proses yang memegang peranan besar. Data hasil penelitian diolah menggunakan tools Pareto Diagram dan diagram tulang ikan yang ada pada Six Sigma sesuai tahapan DMAIC six sigma. Pada tahapan Measure,ditemukan bahwa ada 2 tahapan proses yang tidak efektif dan berpengaruh besar dalam proses pemenuhan layanan Indihome. 2 tahapan ini adalah proses Populate ONT Details dan Jumper MSAN Terminal. Pada tahapan selanjutnya yakni Analyze, tahapan proses ini dianalisa menggunakan fishbone diagram dan menghasilkan beberapa akar penyebab utama. Pada tahapan berikut yaitu Improve berkaitan usulan perbaikan proses yang berjalan dan dilanjutkan dengan perbaikan pada akar-akar penyebab utama yang menghambat proses provisioning. Pada tahap terakhir yakni Control, hal-hal terkaitan perbaikan didokumentasi dan distandarisasi melalui penyediaan dashboard SOP dan usulan desain dashboard KPI. Kata Kunci : DMAIC, Six Sigma, Provisioning, Indihome

Subjek

Six sigma
 

Katalog

PENERAPAN METODE SIX SIGMA DALAM PROSES PROVISIONING INDIHOME ( Studi Kasus : Provisioning Indihome Telkom Kawasan Timur Indonesia )
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEDY ISNANDAR
Perorangan
HERRY IRAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini