PERANCANGAN DAN ANALISIS TRANSMISI VIDEO LIVE STREAMING MELALUI WIRELESS-LAN (WLAN) DI GEDUNG P, FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TELKOM

NAUFAL ZUHDI RIZKILLAH

Informasi Dasar

16.04.2330
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Video Streaming merupakan suatu teknologi yang memperkenankan file digunakan/ditonton langsung tanpa perlu mengunduh (men-download) video tersebut. Tantangan dalam penggunaan video streaming adalah kebutuhan bandwidth yang besar. Selain itu, tantangan lainnya adalah apabila transmisi yang digunakan untuk video streaming tersebut melalui sebuah jaringan Wireless-LAN (WLAN) yang sangat rentan terhadap gangguan dan akan berpengaruh juga terhadap QoS (Quality of Service).
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan pengukuran kualitas jaringan di gedung P Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom untuk mengetahui apakah jaringan yang sudah ada mampu melayani teknologi video live streaming.
Dari pengukuran yang telah dilakukan dengan beberapa skenario, penelitian ini mendapatkan hasil throughput paling tinggi sebesar 1.321Mb yang menurut standar TIPHON nilai tersebut sangat rendah. Rata-rata packet loss adalah 19.6% yang terkategorikan sebagai kualitas sedang. Rata-rata nilai delay di angka 0.046ms yang masuk kategori sangat baik, dan jitter di angka 0.141ms dengan kateogri bagus.

Kata Kunci: Video live streaming, wireless LAN, QoS, TIPHON

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS TRANSMISI VIDEO LIVE STREAMING MELALUI WIRELESS-LAN (WLAN) DI GEDUNG P, FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL ZUHDI RIZKILLAH
Perorangan
R. Rumani M., Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini