PERANCANGAN BUKU KOMIK EDUKASI PENCEGAHAN KEJAHATAN SEKSUAL PADA ANAK

FAUZIA RAMADHANTI

Informasi Dasar

16.04.2317
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, dalam bimbingan orang dewasa. Pengalaman mereka yang masih terbatas turut mempengaruhi pemahaman persepsi anak tentang lingkungan sekitarnya. Mereka rentan terhadap perkembangan situasi dan kondisi sekitar yang kadang begitu kompleks dan dinamis. Namun meski dengan peraturan yang berderet, nyatanya implementasinya belum cukup maksimal sehingga anak Indonesia sendiri belum sepenuhnya terlindungi. Kekerasan terhadap anak mewujud dalam aneka perilaku dewasa ini kerap terjadi, mengancam fisik dan psikologis anak.

Berangkat dari hal tersebut, penulis menganggap perlu adanya buku komik sebagai media edukasi untuk anak dalam mengenali, menghindari, dan melindungi dirinya dari bentuk-bentuk kekerasan dan kejahatan, terutama kekerasan dan pelecehan seksual. Melalui metode observasi, studi pustaka, wawancara dan analisis matriks, didapat bahwa buku informasi yang dikemas dalam bentuk buku komik menarik bisa menjadi salah satu media pembelajaran yang cukup efektif untuk anak. Sehingga penulis menyimpulkan media yang tepat anak usia Sekolah Dasar adalah buku komik. Pengemasan buku dalam bentuk komik akan membuat anak dapat menyerap informasi dengan baik, namun menyenangkan. Diharapkan setelah membaca buku ini, anak mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak tentang kekerasan dan bagaimana menghindarkan dirinya dari bentuk kekerasan seksual yang mengancam, sehingga nantinya, angka kekerasan seksual pada anak dapat terus ditekan dan diminimalisir.

Saran untuk kedepannya, ada baiknya direncanakan program-program kampanye lanjutan dengan media yang lebih kreatif, menarik, dan beragam, baik dari pemerintah maupun individu. Hal ini agar generasi muda selanjutnya dapat peduli sepenuhnya terhadap masalah kejahatan seksual pada anak.

Kata Kunci : Komik, Edukasi, Kejahatan, Seksual, Anak

Subjek

BOOKS-GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN BUKU KOMIK EDUKASI PENCEGAHAN KEJAHATAN SEKSUAL PADA ANAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAUZIA RAMADHANTI
Perorangan
PATRA ADITIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini