Makna Poster Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Poster Kasus Pembunuhan Salim Kancil)

VIVI RAMALIA

Informasi Dasar

16.04.2291
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Poster merupakan media penyampaian aspirasi dalam bentuk karya seni. Poster tidak hanya sebagai media untuk menyampaikan informasi, tetapi juga mempengaruhi khalayak dengan bentuk visual. Poster mengandung makna dari setiap bentuk visual yang ditampilkan. Poster ini menunjukkan pembunuhan yang dialami Salim Kancil melalui gambar tubuh Salim Kancil melalui gambar tubuh Salim Kancil yang tewas dengan posisi tengkurap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari salah satu poster propaganda yaitu Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk mengetahui makna yang terkandung dalam poster. Pemaknaan dilakukan dengan Teori Segitiga Makna Peirce yakni Tanda, Objek dan Interpretant (penafsir). Tanda dilihat dari dua unsur poster yaitu Unsur Visual dan Unsur Teks, kemudian dianalisis dengan melihat objek dari aspek ikon, indeks dan simbol. Proses analisis menghasilkan makna yang didapat dari sudut pandang interpretant (penafsir). Hasil dari penelitian ini menunkukkan makna dari poster Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang adalah tanah Indonesia lebih menghargai tambang dibandingkan dengan nilai kemanusiaan bahkan nyawa seseorang.

Kata Kunci: Poster, Propaganda, Makna, Semiotika

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

Makna Poster Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Poster Kasus Pembunuhan Salim Kancil)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIVI RAMALIA
Perorangan
DEWI K SOEDARSONO, DIAH AGUNG ESFANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini