PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PERKULIAHAN JARAK JAUH DENGAN MODE TELECONFERENCE BERBABASIS MULTIMEDIA (SERVER VIDEO CONFERENCE)

MUHAMMAD ISMAIL

Informasi Dasar

16.06.456
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Di masa sekarang, tugas dosen selain mengajar di kelas, terkadang bertugas keluar kota untuk penelitian, kerja sama dengan industri dll dimana dapat terjadi kemunkinan saat di luar kota berbarengan waktunya dengan jadwal mengajar. Maka untuk memungkinkan dosen memberikan kuliah jarak jauh (dari luar kota) dalam Proyek Akhir ini dirancang dan diimplementasikan salah satu aplikasi dari e-learning, yaitu video conference. Sistem terdiri dari dua bagian perangkat, yaitu pada bagian dosen yang bersifat mobile, dan bagian ruang kelas yang bersifat permanen. Pada bagian dosen terdiri dari VPN server yang diimplementasikan secara virtual pada sebuah laptop. Sedangkan pada bagian bagian kelas yang terdiri dari dua kelas, masing-masing terdiri dari sebuah laptop yang dilengkapi dengan webcam dan headset dimana laptop tersebut dihubungkan dengan proyektor sebagai media visual video conference dan terdapat video server yang disimpan di kelas. Pada proyek akhir ini implementasi dan analisis dari video conference terdiri dari dua skenario yang menggunakan waktu berbeda pada saat pengambilan data pada pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB. Dari hasil pengujian fungsional, sistem dapat berfungsi sebagaimana mestinya sesuai yang direncanakan. Sedangkan dari hasil uji parameter performansi pada skenario pertama menunjukkan nilai rata- rata delay tertinggi pada klien 1 sebesar 70.300793 ms, throughput tertinggi pada klien 1 sebesar 88.5 Kbps, dan packet loss tertinggi pada klien 2 sebesar 0.1241%. Sedangkan pada skenario kedua delay tertinggi pada klien 1 sebesar 32.644478 ms, throughput tertinggi pada klien 2 sebesar 281.033333 Kbps, dan packet loss tertinggi pada klien 1 0.0889%.

Subjek

SERVER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PERKULIAHAN JARAK JAUH DENGAN MODE TELECONFERENCE BERBABASIS MULTIMEDIA (SERVER VIDEO CONFERENCE)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ISMAIL
Perorangan
Asep Mulyana, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

  • PT3951 - PRAKTEK JARINGAN KOMPUTER
  • PT3711 - BENGKEL JARINGAN DAN MULTIMEDIA
  • PT3713 - JARINGAN KOMPUTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini