PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENERIMA INFORMASI RADIO MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER DAN RDS DENGAN SISTEM ALARM

ALDY TIANTO

Informasi Dasar

16.06.446
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Radio merupakan alat komunikasi yang dapat diakses oleh kebanykanan orang sehingga dapat dijadikan sebagai media informasi yang bersifat universal. Banyaknya siaran radio yang belum dimanfaatkan dengan maksimal, maka perlu adanya pengembangan teknologi radio yang tidak hanya menerima siaran radio audio. Dengan demikian penyampaian informasi yang di berikan dapat lebih beragam.

Pada penelitian ini dirancang suatu sistem informasi yang dapat menerima informasi dari stasiun radio menggunakan RDS. Alat yang dirancang menggunakan modul penerima Si4703, Arduino Uno, LCD 2x16 dan Alarm. Modul penerima Si4703 digunakan untuk merima sinyal berupa code RDS yang di transmisikan melalui gelombang FM, code RDS yang ditema kemudian diolah Arduino uno untuk mentukan kondisi yang terjadi. Data yang sudah diolah dari Arduino akan di tampilkan pada LCD 2x16 dan sekaligus akan mengaktifkan notifikasi bunyi Alarm berbeda sesuai status yang di terima modul Si4703.

Sistem yang dirancang dapat menerima informasi dari stasiun radio berupa teks mengenai status kondisi ketinggian air atau debit air disuatu daerah yang ditampilkan pada layar LCD beresta notifikasi alarm sebagai pringatan dini pendeteksi banjir.

Subjek

ELECTRONIC COMMUNICATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENERIMA INFORMASI RADIO MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER DAN RDS DENGAN SISTEM ALARM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDY TIANTO
Perorangan
Denny Darlis, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini