Pengaruh Faktor - Faktor Budaya Organisasi Terhadap Implementasi Knowledge Sharing di Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat

TAMIA SAMMAR OKTAVIANI

Informasi Dasar

16.05.047
658.403 8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Knowledge sharing merupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawan secara mandiri guna mempersiapkan karyawan untuk menggantikan seniornya yang akan pensiun. Salah satu yang memengaruhi knowledge sharing adalah budaya organisasi. Faktor-faktor budaya organisasi yang dianggap memengaruhi knowledge sharing adalah struktur organisasi, sistem informasi, sumber daya manusia, sistem penghargaan, kepemimpinan, dan proses.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi yang terdiri dari struktur organisasi, sistem informasi, sumber daya manusia, sistem penghargaan, kepemimpinan, dan proses, bagaimana implementasi knowledge sharing, bagaimana pengaruh budaya organisasi yang terdiri dari beberapa faktor yang telah disebutkan di atas secara simultan terhadap implementasi knowledge sharing, dan bagaimana pengaruh budaya organisasi yang terdiri dari beberapa faktor yang telah disebutkan di atas secara parsial terhadap implementasi knowledge sharing di Kantor Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sampel sebanyak 143 karyawan Kantor Distribusi PLN Disjabar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang berisi 50 item pernyataan terkait budaya organisasi dan knowledge sharing.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai persentase faktor-faktor budaya organisasi secara keseluruhan adalah sebesar 76,67% yang dikategorikan kuat, dimana nilai persentase variabel struktur organisasi sebesar 75,7%, sistem informasi sebesar 76,3%, sumber daya manusia sebesar 80,3%, sistem penghargaan sebesar 74,5%, kepemimpinan sebesar 79,1%, dan proses sebesar 73,9%. Variabel knowledge sharing dikategorikan baik dengan besaran nilai persentase 77,9%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa secara simultan budaya organisasi dengan empat variabel yang disebutkan sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap implementasi knowledge sharing di Kantor Distribusi PLN Disjabar sebesar 56,6%. Secara parsial variabel struktur organisasi berpengaruh signifikan sebesar 34,2%, sistem informasi berpengaruh signifikan sebesar -25,7%, sumber daya manusia berpengaruh signifikan sebesar 55,2%, dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan sebesar 16,4%, sedangkan variabel kepemimpinan dan variabel proses berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel knowledge sharing.

Kata kunci: budaya organisasi, knowledge sharing.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
 

Katalog

Pengaruh Faktor - Faktor Budaya Organisasi Terhadap Implementasi Knowledge Sharing di Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAMIA SAMMAR OKTAVIANI
Perorangan
Jafar Sembiring
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini