PENGARUH ETIKA, KOMPETENSI, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT (Pada Aparat Inspektorat Kabupaten Grobogan)

RIFQI ABDUL HAQ

Informasi Dasar

16.04.2118
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sistem pemerintahan akan berjalan dengan baik apabila lembaga-lembaga di bawah kepala daerah di suatu daerah berjalan dengan baik dan bersinergi sesuai fungsinya, Inspektorat sesuai amanah peraturan kepala daerah memiliki wewenang yg jelas dan legal untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian lembaga-lembaga daerah tersebut. Kualitas audit inspektorat akan dijadikan salah satu tolok ukur apakah suatu sistem pemerintahan dapat berjalan baik atau tidak. Kualitas audit yang baik merupakan implementasi etika, kompetensi, dan indpependensi yang maksimal pula oleh aparat nya.    
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika, kompetensi, dan independensi terhadap kualitas audit baik secara simultan maupun parsial.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah kuesioner yang diuji melalui analisis deskriptif dan regresi linier berganda mengunakan aplikasi IBM SPSS 20.0. Populasi dalam penelitian ini adalah Inspektorat Kabupaten Grobogan. Dengan menggunakan metode sensus dan teknik sampling jenuh diperoleh sampel sebanyak 35 pegawai.
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa etika, kompetensi, dan independensi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kualitas audit. Secara parsial, kompetensi dan independensi berpengaruh secara signifikan, sedangkan etika tidak berpengeruh terhadap kualitas audit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika, Kompetensi, dan Independensi aparat inspektorat berada pada kategori baik sehingga menghasilkan Kualitas Audit yang baik pula. Kondisi ini perlu dipertahankan dan kemudian ditingkatkan, adapun yang perlu dilakukan oleh Inspektorat untuk meningkatkan keempat variabel tersebut yaitu dengan memaksimalkan SDM yang ada dengan cara memahami detail indikator masing-masing variabel yang telah dibahas kemudian memperbaiki apa saja kelemahanya. Perlu juga diadakan pelatihan teknis terkait penggunaan teknologi informasi yang penerapanya dapat membantu kinerja Inspektorat sehingga pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat lebih optimal lagi. 

Kata kunci: Etika; Kompetensi; Independensi; Kualitas Audit.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH ETIKA, KOMPETENSI, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT (Pada Aparat Inspektorat Kabupaten Grobogan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI ABDUL HAQ
Perorangan
SRI RAHAYU, DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini