PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

RENDY NUR DEVA

Informasi Dasar

16.04.2106
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan dalam mengembangkan diri harus tetap memerhatikan aspek sosial (people) dan lingkungan (planet) di samping aspek ekonomi (profit). Dimana banyak perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang telah mengambil keuntungan dari masyarakat. Beberapa faktor yang memengaruhi pengungkapan CSR antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Variabel independen meliputi; profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (SIZE), serta kepemilikan saham publik (KSP) terhadap variabel dependen meliputi; pengungkapan CSR baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Dari seluruh populasi yang dijadikan sampel, diperoleh 25 perusahaan yang diteliti selama tiga tahun, yaitu dari tahun 2013 sampai 2015. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Dilihat dari rata-rata keseluruhan nilai tiap variabel dengan total data sebanyak 75 dari tahun 2013-2015. Nilai rata-rata tertinggi pada variabel ukuran perusahaan dengan nilai 19,652. Kemudian, nilai standard deviasi paling tinggi juga pada variabel ukuran perusahaan yang mencapai 1,5378. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (SIZE), serta kepemilikan saham publik (KSP) secara simultan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Secara parsial, profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan ukuran perusahaan (SIZE) dan kepemilikan saham publik (KSP) berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENDY NUR DEVA
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI, DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini