Pengaruh Kompetensi dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bandung)

PANJI RAKATAMA

Informasi Dasar

16.04.2103
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Laporan audit yang dihasilkan oleh seorang auditor haruslah berkualitas karena laporan audit tersebut dibagikan kepada para pemakai laporan keuangan. Dibutuhkan pihak yang kompeten dan independen yaitu Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk meningkatkan kepercayaan para pengguna laporan karena selain pemilik perusahaan pihak eksternal juga memerlukan laporan yang benar dan akurat untuk pengambilan keputusan ekonomi. Maka, kualitas audit dari KAP sangat diperhitungkan. Apabila kualitas dari KAP tersebut buruk akan menghasilkan hasil audit yang buruk dan terdapat kesalahan material pada laporan keuangan.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi auditor dan etika auditor terhadap kualitas audit baik secara simultan maupun parsial yang diukur berdasarkan jawaban reponden dari pengembalian kuesioner yang telah disebarkan sebelumnya.
 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Objek pada penelitian ini adalah KAP yang berada di wilayah Bandung. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik convenience sampling dan diperoleh 54 sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
 Pada penelitian ini, telah memberikan bukti secara empiris bahwa kompetensi auditor dan etika auditor berpengaruh secara simultan terhadap kualitas audit. secara parsial kompetensi auditor tidak berpengaruh secara positif terhadap kualitas audit dan etika auditor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit.
 Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa auditor yang bekerja pada KAP di wilayah Bandung memiliki kompetensi yang baik, memahami dan melaksanakan etika auditor selama melakukan tugas audit agar audit dapat diselesaikan dengan baik dan auditor yang bekerja pada KAP di wilayah Bandung memiliki kualitas audit yang baik.

Kata kunci : Kompetensi Auditor, Etika Auditor, Kualitas Audit

Subjek

AUDITING
 

Katalog

Pengaruh Kompetensi dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PANJI RAKATAMA
Perorangan
HIRO TUGIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini