PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, RETURN ON EQUITY, RETURN ON ASSETS, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

OKKY HERLIANSHAH .Z

Informasi Dasar

16.04.2099
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap perusahaan betujuan untuk memaksimalkan kekayaan dari pemegang sahamnya. Oleh karena itu, tujuan dari manajemen keuangan itu sendiri adalah memasimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan itu bisa tercermin dari harga saham suatu perusahaan. Untuk menentukan harga saham suatu perusahaan investor bisa mengukur kinerja perusahaan dengan cara menganalisis economic value added (EVA) dan rasio profitabilitas yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. EVA dan rasio profitabilitas dijadikan tolak ukur dalam menentukan harga saham suatu perusahaan karena EVA adalah nilai tambah ekonomi yang menyajikan suatu ukuran yang baik mengenai sampai sejauh mana perusahaan telah memberikan tambahan nilai pada pemegang saham. Sedangkan rasio profitabilitas merupakan rasio yang mengukur kemapuan perusahaan menghasilkan keuntungan pada tingkat penjualan, asset, dan modal saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EVA dan rasio profitabilitas yang terdiri dari return on equity (ROE), return on assets (ROA), dan earning per share (EPS) terhadap harga saham. Sampel dari penelitian ini yaitu perusahaan-perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif untuk mengkaji variabel independen terhadap variabel dependennya. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik dan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji kinerja keuangan yang dianggap berpengaruh terhadap harga saham. Hasil penelitian menghasilkan bahwa secara simultan EVA, ROE, ROA, dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Besranya koefisien determinasi (R square) adalah 0,668, seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi dari variabel dependen sebesar 66,8%. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa EVA, ROE, dan EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata kunci: Economic Value Added, Return On Equity, Return On Assets, Earning Per Share, harga saham

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, RETURN ON EQUITY, RETURN ON ASSETS, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OKKY HERLIANSHAH .Z
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA, ANNISA NURBAITI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini