PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH (Studi pada Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat Tahun 2010-2014)

DIAN BUDI SUSANTI

Informasi Dasar

16.04.2062
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Cara mengukur keberhasilan atau kinerja suatu negara atau wilayah dalam bidang keuangan digunakan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD). Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD) ditunjukkan oleh besar kecilnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibandingkan pendapatan daerah yang berasal dari sumber lain, misalnya bantuan pemerintah. Beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat memiliki fenomena dimana pendapatan asli daerah meningkat namun Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD) menurun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD) di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat selama tahun 2010-2014, serta mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD) baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Random Effect Model (REM) dengan waktu penelitian tahun 2010-2014. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 kabupaten/kota. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 26 kabupaten/kota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK),secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD). Secara parsial, Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif terhadap TKKD, Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh positif terhadap TKKD, sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak berpengaruh TKKD. Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, disarankan agar peneliti selanjutnya menambah variabel lain dengan menambah periode penelitian dan menggunakan objek penelitian lain. Bagi Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, diharapkan dapat meningkatkan sumber penerimaan untuk meningkatkan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (TKKD).

Kata Kunci : Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus.

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH (Studi pada Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat Tahun 2010-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN BUDI SUSANTI
Perorangan
SRI RAHAYU, SISKA P. YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini