PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP INSET-FED PADA FREKUENSI 2,4 GHZ UNTUK APLIKASI WIFI

NADYA SABRINA

Informasi Dasar

16.04.2035
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kabel dalam akses telekomunikasi kini begitu diminimalisir. Meningkatnya kebutuhan user akan mobilitas yang tinggi menjadi latar belakang kemunculan jaringan nirkabel atau WLAN. WLAN atau wireless LAN merupakan suatu jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data.

WiFi adalah salah satu produk dari WLAN. Dalam penerapannya, dibutuhkan beberapa komponen khusus, salah satunya adalah antena eksternal yang berfungsi sebagai penguat daya pancar. Karakteristik antena yang dibutuhkan diantaranya berukuran kecil, memiliki tingkat matching yang baik, hanya mengkonsumsi sedikit arus listrik, dan memiliki pola radiasi omnidirectional.

Pada Tugas Akhir ini, dengan menggunakan simulator elektromagnetik, dirancang dan disimulasikan sebuah antena mikrostrip inset-fed untuk aplikasi WiFi yang dapat digunakan secara optimal pada frekuensi 2,4 GHz. Tahapan implementasi dari Tugas Akhir ini adalah penentuan spesifikasi antena, pemodelan, simulasi, realisasi prototype, pengujian, dan perbandingan hasil simulasi. Hasil dari perancangan dan realisasi ini adalah antena mikrostrip inset-fed patch rektangular yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan pola radiasi omnidirectional; gain ? 3 dBi; impedansi input = 50?; dan VSWR ? 1,5.

Kata kunci : WLAN, WiFi, antena mikrostip inset-fed

Subjek

TELECOMMUNICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP INSET-FED PADA FREKUENSI 2,4 GHZ UNTUK APLIKASI WIFI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA SABRINA
Perorangan
Heroe Wijanto, Zulfi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini