ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di dalam Indeks IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2014)

ADHIKARA SETO KUNCORO ASMORO

Informasi Dasar

16.04.2032
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah komite manajemen risiko, ukuran dewan komisaris, chief risk officer, dan kepemilikan institusional. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan enterprise risk management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan komite manajemen risiko, ukuran dewan komisaris, chief risk officer, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan enterprise risk management pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDX30 di BEI tahun 2012-2014. Tehnik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga total sampel yang digunakan 51 sampel yang di teliti. Model analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 23. Hasil pengujian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara keberadaan komite manajemen risiko, ukuran dewan komisaris, chief risk officer, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan enterprise risk management. Berdasarkan pengujian secara parsial ukuran dewan komisaris, chief risk officer, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap pengungkapan enterprise risk management dan hanya komite manajemen risiko yang berpengaruh positif terhadap pengungkapan enterprise risk management.

Kata Kunci : komite manajemen risiko, ukuran dewan komisaris, chief risk officer, kepemilikan institusional, dan pengungkapan enterprise risk management.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di dalam Indeks IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHIKARA SETO KUNCORO ASMORO
Perorangan
MAJIDAH, DEWA P.K MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini