Perancangan dan Implementasi Server Log Terpusat di Lingkungan Pusat Data Universitas Telkom

YASIN MANGANUGRAHANA KARYA

Informasi Dasar

16.04.1999
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemeliharaan jaringan merupakan hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki jaringan jika terjadi kerusakan maupun keamanan. Salah satu cara pemeliharaannya dengan menggunakan log dari setiap perangkat jaringan. Masalah yang terjadi dengan banyaknya log yang masuk akan membuat response time pencarian log menjadi besar. Hal ini membuat pemeliharaan jaringan menjadi terhambat, maka dari itu diperlukan sistem yang mampu mengambil jutaan data log dengan waktu yang singkat.

Solusi yang digunakan adalah menggunakan integrasi database dengan search platform. Solr digunakan sebagai search platform sedangkan database yang digunakan adalah MongoDB yang merupakan database NoSql. MongoDB digunakan sebagai database yang menampung data yang diterima oleh Rsyslog yang dihubungkan dengan Solr. Jadi pencarian tidak langsung ke database tetapi dari indeks Solr.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan kombinasi besar alokasi RAM yang dialokasikan untuk Solr, jumlah data, dan query yang digunakan untuk pencarian data. Sebagai perbandingan, pengujian tidak hanya dilakukan pada Solr tetapi pengujian juga dilakukan pada MongoDB. Hasil yang didapat dari pengujian sistem yang dibuat menunjukan bahwa waktu response time menggunakan Solr jauh lebih kecil dibandingkan dengan hanya menggunakan MongoDB saja.

Subjek

COMPUTER NETWORK
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Server Log Terpusat di Lingkungan Pusat Data Universitas Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YASIN MANGANUGRAHANA KARYA
Perorangan
Faazmah Arif Yulianto, Muhammad Arief Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini