PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KENDALI PINTU PARKIR BERBASIS ARDUINO UNO (Menggunakan Sidik Jari dan Sensor Ultrasonik)

GILANG KHARISMA RAHMAN

Informasi Dasar

16.04.1993
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Keamanan adalah faktor yang harus selalu diperhatikan secara serius dimanapun, termasuk di area parkir. Tingginya jumlah pengguna kendaraan bermotor dan padatnya area parkir yang tersedia sering tidak didukung dengan sistem keamanan parkir yang memadai. Kondisi itu menyebabkan masih banyak kasus pencurian kendaraan bermotor terjadi. Sistem parkir menggunakan karcis pun sering bermasalah akibat karcis yang mudah hilang maupun sengaja disimpan dalam kendaraan. Masalah inilah yang menjadi latar belakang penulisan tugas akhir ini guna menciptakan inovasi sistem parkir yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Metode penelitian dalam penyusunan tugas akhir ini adalah desain eksperimen untuk perancangan sistem kendali pintu parkir menggunakan sidik jari dan sensor ultrasonik berbasis Arduino Uno. Penelitian ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak, serta menggunakan komponen-komponen elektronika.

Sistem ini bekerja dengan cara sensor ultrasonik akan membaca arah datang kendaraan, lalu scanner sidik jari akan memindai sidik jari dari pengemudi yang nantinya akan disimpan didalam mikrokontroler Arduino Uno. Nantinya data sidik jari itu akan dicocokan kembali ketika pengemudi akan keluar dari area parkir. Jika tidak sesuai maka sistem akan memberikan pesan peringatan.

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KENDALI PINTU PARKIR BERBASIS ARDUINO UNO (Menggunakan Sidik Jari dan Sensor Ultrasonik)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG KHARISMA RAHMAN
Perorangan
BASUKI RAHMAT, MAS SARWOKO SURAATMADJA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini