PENERAPAN SISTEM ERP AKTIVITAS PENJUALAN DAN DISTRIBUSI BERBASIS ODOO DENGAN METODE SPIRAL (STUDI KASUS PADA PT. PROGRESSIO INDONESIA)

I KOMANG JAKA AKSARA WIGUNA

Informasi Dasar

16.04.1967
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Progressio Indonesia (Pronesia) adalah perusahaan yang kompeten dalam mendesain dan memproduksi berbagai produk sandang. Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan adalah berdasarakan pesanan dari pelanggan (make to order). Perusahaan memproduksi berbagai macam produk dengan kuantitas masing-masing produk yang begitu banyak. Tentunya masing-masing produk tersebut memiliki bahan baku yang beragam pula. Ditambah dengan banyaknya jumlah pelanggan yang ditangani perusahaan, sehingga proses pendataan dirasakan kurang efektif dan efisien jika dilakukan secara manual. Dimana terdapat kemungkinan kesalahan yang dilakukan yang mempengaruhi keberlangsungan proses bisnis perusahaan. Solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah tersebut adalah dengan menerapkan suatu sistem informasi yang baik dan tepat diharapkan dapat memaksimalkan performa dari perusahaan dan meminimalisir kerugian yang muncul selama proses bisnis perusahaan berlangsung. Sistem Informasi yang digunakan adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Sistem ERP mencakup semua fungsi bisnis seperti penjualan, distribusi, pembelian, perencanaan produksi yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan. Software yang digunakan untuk penerapan sistem ERP pada perusahaan adalah Odoo. Software Odoo digunakan karena memiliki lisensi open source yang tidak membutuhkan biaya yang besar dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode spiral. Metode tersebut dipilih karena mencakup manajemen risiko dalam penyesuaian sistem yang dapat memperkirakan dan menanggulangi risiko yang dapat ditimbulkan nantinya. Penerapan software Odoo pada aktivitas penjualan dan distribusi pada perusahaan memiliki manfaat yang sangat besar. Dengan terstrukturnya pembuatan dan penyimpanan data/dokumen pelanggan, quotation, sales order, invoice dan delivery order pada sistem, ditambah dengan adanya pelaporan sale analysis serta integrasi dengan aktivitas-aktivitas lainnya yang dilakukan oleh perusahaan, dapat memaksimalkan performa dari perusahaan dan meminimalisir kerugian yang muncul selama proses bisnis perusahaan berlangsung. Kata kunci : ERP, odoo, penjualan, distribusi, make to order, metode spiral

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM ERP AKTIVITAS PENJUALAN DAN DISTRIBUSI BERBASIS ODOO DENGAN METODE SPIRAL (STUDI KASUS PADA PT. PROGRESSIO INDONESIA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I KOMANG JAKA AKSARA WIGUNA
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, R. WAHJOE WITJAKSONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4Q3 - ERP PRODUKSI DAN LOGISTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini