Analisis Dan Perancangan Keamanan Infrastruktur Jaringan Komputer Di Pemerintahan Kabupaten Bandung Dengan Metode NDLC Dan Standar ISO/IEC 27000 Series

ARIES ARIEFFANDY SUMARSO

Informasi Dasar

16.04.1932
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet adalah salah satu teknologi informasi yang perkembangannya sangat pesat dan merata hampir di seluruh dunia. Seperti surat-menyurat yang berawal dari kertas biasa telah tergantikan oleh surat elektronik atau email karena keberadaan Internet. Internet membawa banyak keuntungan, namun tidak meninggalkan dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Internet dapat berdampak negatif apabila pemanfaatannya tidak diawasi. Misalnya, terjadi peretasan data sebuah perusahaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, hal tersebut dapat terjadi karena Internet yang menghubungkan perusahaan tidak dilindungi oleh sistem proteksi. Risiko yang dimiliki oleh teknologi Internet tidak sebatas peretasan dari jaringan eksternal ke jaringan internal melainkan memungkinkan untuk sebaliknya. Seperti contoh ketika seorang pegawai perusahaan melakukan surfing di Internet kemudian tanpa sengaja mengakses situs yang menyimpan malware dan menginfeksi komputer yang digunakannya sehingga merusak data penting yang terdapat pada komputer tersebut.

Penelitian yang dilakukan di kantor Pemerintah Kabupaten Bandung mendapatkan hasil bahwa jaringan internal yang seharusnya diperuntukan bagi urusan kelembagaan belum optimal dalam penggunaannya, karena terdapat celah keamanan dalam mengakses website yang seharusnya diblokir. Maka dari itu, perlu dilakukan optimasi. Optimasi pada penelitian ini dilakukan diawali dari identifikasi infrastruktur keamanan jaringan yang ada, kemudian dianalisa berdasarkan kebutuhan dan standar ISO/IEC 27000 Series. Metodologi yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu NDLC (Network Development Life Cycle).

Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan cetak biru atau pedoman bagi pihak Pemerintah Kabupaten Bandung dalam upaya optimasi keamanan infrastruktur jaringan yang ada.

Kata kunci: Internet, keamanan jaringan, ISO/IEC 27000 Series, NDLC.

Subjek

Network - security
 

Katalog

Analisis Dan Perancangan Keamanan Infrastruktur Jaringan Komputer Di Pemerintahan Kabupaten Bandung Dengan Metode NDLC Dan Standar ISO/IEC 27000 Series
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIES ARIEFFANDY SUMARSO
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, UMAR YUNAN KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3I4 - KEAMANAN SISTEM INFORMASI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini