Analisis dan Implementasi Audit Menggunakan Process Mining Algoritma HeuristicMiner dengan DSS01 COBIT 5 (Studi Kasus: CV. Narnia Distribution)

IQBAL TAWAKKAL

Informasi Dasar

16.04.1926
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem informasi mampu meringankan kegiatan operasional dan menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Nyatanya hampir setiap perusahaan besar mengimplementasikan sistem informasi didalamnya, namun untuk membuat sistem informasi tetap terkontrol maka harus diterapkan upaya – upaya tertentu, salah satunya adalah audit dalam sistem informasi. Audit diyakini mampu mengidentifikasi resiko dan mengevaluasi kecukupan kontrol yang penting pada sistem informasi, audit pada umumnya memeriksa data atau document tetapi pada era sekarang informasi yang lebih detail tersimpan dalam event logs, transaction logs, databases, data warehouse dsb. Dibantu dengan framework COBIT 5 yang menawarkan process assessment sebagai bagian dari improvement initiative atau bagian dari capability determination approach. Pada penelitian ini yang bertujuan memperbaharui 2 langkah penting dalam process assessment yaitu data collection dan data validation menjadi process mining. Maka dari itu audit sistem informasi ini menggunakan process mining untuk mengekstrak pengetahuan dari event logs menjadi informasi yang berguna bagi kepentingan audit, adanya process mining dan event logs dapat menjadi era baru dalam pelaksanaan Audit. Keluaran dari penelitian ini adalah temuan dari process mining yang bisa digabungkan dengan metode pengumpulan data lain untuk membuat hasil dari assessment program lebih baik.

Subjek

AUDITING-COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Audit Menggunakan Process Mining Algoritma HeuristicMiner dengan DSS01 COBIT 5 (Studi Kasus: CV. Narnia Distribution)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL TAWAKKAL
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini