Analisis Perbandingan Performansi Jaringan Pada Arsitektur Software-Defined Network (SDN) dan Konvensional

AHMAD MAHARDIKA FATAHILLAH

Informasi Dasar

16.04.1921
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Software-Defined Network (SDN) menawarkan kemudahan dalam mengatur perangkat jaringan dengan hanya mengatur software control plane sehingga mampu mengurangi kompleksitas pada konfigurasi jaringan. Namun, kemudahan yang ditawarkan belum tentu diikuti dengan peningkatan performa jaringan jika dibandingkan dengan arsitektur jaringan konvensional yang menggunakan protokol TCP/IP.

Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis perbandingan performansi jaringan dengan arsitektur SDN (OpenFlow) dan arsitektur konvensional (TCP/IP). Pengujian performansi dilakukan berdasarkan pada simulasi jaringan yang masih dalam satu subnet menggunakan emulator Mininet dengan beberapa parameter yaitu throughput, latency, jitter dan packet loss.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, arsitektur jaringan konvensional yang menggunakan protokol TCP/IP menunjukan performa yang labih baik. Hasil ini ditunjukan dari dua buah parameter QoS yaitu latency dan packet loss dengan perbedaan nilai yang signifikan. Dimana arsitektur jaringan SDN memiliki performa yang lebih buruk untuk kedua parameter tersebut. Sedangkan, untuk parameter throughput dan jitter kedua arsitektur menunjukan hasil yang sama baiknya dengan nilai yang masih variatif tanpa perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: SDN, openflow, control plane, TCP/IP, QoS.

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Perbandingan Performansi Jaringan Pada Arsitektur Software-Defined Network (SDN) dan Konvensional
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD MAHARDIKA FATAHILLAH
Perorangan
Maman Abdurohman, Muhammad Arief Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini