Aplikasi Permainan Petak Umpet VR Untuk Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia

SAMMY JO ANANDA

Informasi Dasar

16.06.396
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada saat ini permainan tradisional petak umpet sudah jarang dimainkan oleh anak – anak. Selain tidak memadainya area bermain, banyak permainan berteknologi yang membuat permainan tradisional ini mulai dilupakan oleh generasi saat ini.

Petak Umpet VR dibuat sebagai solusi karena mulai hilangnya permainan tradisional petak umpet yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan karakter seorang anak. Petak Umpet VR adalah aplikasi permainan multiplayer berbasis Android yang merupakan modernisasi dari permainan tradisional petak umpet dengan menggunakan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality agar dapat melestarikan permainan tradisional petak umpet.

Aplikasi permainan Petak Umpet VR mengusung tiga bangunan bersejarah di Indonesia sebagai tempat bermain, yaitu Candi Prambanan, Jam Gadang dan Tongkonan. Pemilihan tempat bermain dilakukan oleh pemain yang berperan sebagai penjaga dengan dua cara, yaitu melalui objek 3D yang ditampilkan dengan marker atau memilih langsung tombol yang tersedia dalam aplikasi. Pemain yang berperan sebagai umpet (bersembunyi) harus memasukkan IP address yang didapatkan dari smartphone yang berperan sebagai jaga (penjaga benteng), sehingga semua pemain akan terhubung dan masuk dalam arena bermain yang sama.

Setelah dilakukan survei melalui beberapa skenario pengujian terhadap aplikasi permainan Petak Umpet VR. Lebih dari 50% menyatakan bahwa aplikasi ini menarik dan bermanfaat untuk melestarikan permainan tradisional petak umpet.

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

Aplikasi Permainan Petak Umpet VR Untuk Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAMMY JO ANANDA
Perorangan
TRI BROTOHARSONO, FAT'HAH NOOR PRAWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • DPH3B4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini