Analisis Penguatan Model Bisnis Dengan Menggunakan Business Model Canvas (Studi kasus Pada Bisnis Tas Esgotado Tahun 2016)

ASTER PRIMA NOVIARTO

Informasi Dasar

16.04.1859
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan UKM setiap tahunnya terus bertambah di berbagai provinsi Indonesia termasuk provinsi Jawa Barat. Pada zaman sekarang perkembangan UKM didominasi dari golongan kuliner dan juga fashion, sehingga dibutuhkan penguatan model bisnis yang tepat supaya dapat terus bertahan. Esgotado adalah UKM golongan fashion yang memiliki produk utama berupa tas sehingga membutuhkan penguatan model bisnis yang tepat supaya tidak kalah dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Analisis Penguatan Model Bisnis Dengan Menggunakan Business Model Canvas. Dalam penelitian ini akan dilakukan penguatan model bisnis Esgotado dengan menggunakan analisis business model canvas. Setelah mendapatkan data bentuk model bisnis Esgotado selanjutnya akan digunakan ananlisis tambahan berupa SWOT untuk memperkuat model bisnis dari Esgotado itu sendiri. Setelah itu akan terbentuklah hasil penguatan model bisnis Esgotado. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan cara wawancara terhadap tiga orang informan dari Esgotado. Dan juga analisis melalui kuisoner yang berguna sebagai pelengkap data kepada tiga informan tersebut.Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa bentuk model bisnis melalui analisis business model canvas yang dimiliki Esgotado sudah cukup baik karena model bisnis yang dimiliki saat ini mampu memenuhi ke Sembilan elemen blok bangunan pada Business Model Canvas. Namun beberapa blok seperti value proposition, revenue streams, cost structure, customer segments dan channels memiliki ancaman yang tinggi dan mengancam model bisnis Esgotado sehingga perlu dilakukan penguatan. Dan pada akhirnya Esgotado akan memiliki bentuk model bisnis yang baru supaya tetap bisa bertahan di pasar dan bisa bersaing dengan para pesaing. Berdasarkan hasil penelitian, untuk membentuk penguatan model bisnis yang baru Esgotado harus menambah mitranya seperti market place baru yang akan bermunculan nantinya, lalu penggunaan Teknologi Informasi dalam pelaksanaan aktivitas utama, pembuatan database untuk pelanggan, memperbarui serta merawat database pelanggan, melihat nilai apa yang diberikan para pesaing di masa depan. Esgotado dapat menentukan nilai yang tepat diberikan kepada pelanggan nantinya, menambah saluran (media promosi) dengan menggunakan media online baru seperti misalnya pinterest atau youtube. Selanjutnya, penambahan biaya operasional Esgotado seperti biaya perawatan database dan yang terakhir penambahan arus pendapatan dari produk baru yang diciptakan Esgotado.

kata kunci : Entrepreneur, Business Model Canvas, SWOT

Subjek

PLANNING
ENTREPRENEURSHIP,

Katalog

Analisis Penguatan Model Bisnis Dengan Menggunakan Business Model Canvas (Studi kasus Pada Bisnis Tas Esgotado Tahun 2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTER PRIMA NOVIARTO
Perorangan
Sulistijono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini