Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

ANIF KURNIAWAN NUGROHO

Informasi Dasar

16.04.1857
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tokopedia merupakan salah satu online marketplace di Indonesia yang memiliki andil besar dalam binis jual beli online. Namun seiring dengan bertumbuhnya teknologi dan semakin maraknya online marketplace yang lain, website Tokopedia menjadi semakin menurun peringkatnya dan kurang adaptif dalam pengimplementasian teknologi pelayanan website. Peningkatan layanan website yang diharapkan mampu mendongkrak peringkat dan kepuasan pengguna website Tokopedia belum maksimal.

Penelitian ini akan melakukan pengukuran kualitas website Tokopedia melalui dimensi Webqual 4.0 (usability, information quality, service interaction) dan variabel kepuasan pengguna. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner yang dibagikan kepada responden berjumlah 138 dan orang secara online melalui media sosial dan data sekunder yang diambil dari buku-buku dan jurnal referensi terkait masalah penelitian. Dari kuisioner yang telah disebar didapatkan 116 kuisioner yang valid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungan statistic. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 23.

Berdasarkan pengolahan data dapat diketahui bahwa persepsi pengguna terhadap usability, information quality, service interaction termasuk dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan pengaruh ketiga variabel tersebut terdapat dua variabel yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu usability dan service interaction. Sedangkan variabel information quality tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Berdasarkan hasil penelitian maka yang harus difokuskan untuk peningkatan adalah service interaction karena memiliki presentase pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan pengguna yaitu sebesar 62,7%. Misalkan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh pengguna ketika berkomunikasi, memberikan standard dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Kata Kunci: webqual, kegunaan, kualitas informasi, layanan interaksi, kepuasan pelanggan

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANIF KURNIAWAN NUGROHO
Perorangan
Puspita Kencana Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini