DATA STREAM CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA INCREMENTAL K-MEANS UNTUK MENDETEKSI INTRUSI PADA TRAFIK JARINGAN

RAKA KUSUMA RIANDANNY

Informasi Dasar

16.04.1809
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling banyak penggunanya dan terus meningkat. Dengan jumlah peningkatan pengguna yang mengakses internet akan memicu oknum-oknum untuk melakukan intrusi ke pengguna melalui jaringan. Dampak dari intrusi-intrusi tersebut sangatlah buruk, mulai dari pemalsuan identitas, pencurian data, down sebuah server, dan lain-lain.

Dari dampak negatif tersebut, sangat penting dibuat suatu sistem untuk mendeteksi intrusi dengan menganalisa trafik pada jaringan. Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem deteksi seragan pada trafik menggunakan metode clustering dengan algoritma Incremental K-means. Berbeda dari penelitian-penelitian sebelumnya yang hanya melakukan analisa mengenai algoritma deteksi anomali, pada penelitian ini sistem dirancang untuk mendeteksi paket-paket anomali secara langsung/online.

Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat melakukan pengelompokkan data atau clustering paket data secara stream dan menyimpan dataset hasil dari clustering. Paket data tersebut terlebih dahulu diekstrak untuk diambil data-data tertentu seperti source IP address, destination IP address, port, jumlah paket, dan lain-lain yang digunakan sebagai fitur untuk mendeteksi serangan pada trafik jaringan. Parameter keberhasilan dari penelitian ini adalah sebuah system yang dapat mendeteksi paket-paket anomali dan juga dapat menyimpan attribute-attribut yang ada dalam paket anomali tersebut. Akurasi yang diapatkan dari penelitian ini adalah 98.98% dengan false positive rate 0% dan detection rate 100%.

Subjek

Security - networks
 

Katalog

DATA STREAM CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA INCREMENTAL K-MEANS UNTUK MENDETEKSI INTRUSI PADA TRAFIK JARINGAN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAKA KUSUMA RIANDANNY
Perorangan
YUDHA PURWANTO, ANTON SISWO RAHARJO ANSORI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini