PENERAPAN SISTEM ERP MANUFACTURING MENGGUNAKAN ODOO PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DENGAN METODE ACCELERATED SAP (Studi Kasus PT. Sampoerna Jaya Sentosa)

WIDYASARI OKTAVIANI

Informasi Dasar

16.04.1775
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Sampoerna Jaya Sentosa merupakan perusahaan manufaktur yang berfokus di bidang tekstil. Dalam menjalankan kegiatan produksinya, perusahaan memiliki kendala dalam proses pengerjaan pesanan pelanggan. Penyebabnya adalah bahan baku yang dibutuhkan tidak selalu tersedia sehingga pengerjaan pesanan pelanggan dilakukan berdasarkan ketersediaan bahan baku di gudang. Hal ini terjadi karena perusahaan masih melakukan kegiatan produksinya secara semi-manual, sehingga sering kali terjadi keluputan yang dilakukan oleh bagian lain yang terkait dengan ketersediaan bahan baku. Dokumen yang terkait dengan kegiatan produksi masih ditulis tangan menggunakan surat-surat yang ada, dan laporan produksi disimpan dalam aplikasi Microsoft Excel yang pembukuannya dilakukan setiap satu bulan sekali. Sehingga dokumen yang terkait dengan kegiatan produksi dan laporan produksi tidak dapat diakses secara real-time. Odoo merupakan salah satu aplikasi ERP open source yang menyediakan solusi kegiatan produksi berupa modul manufacturing yang bersifat dinamis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sistem ini diimplementasi menggunakan metode ASAP (Accelerated SAP) yang diadaptasi dari metode pengimplementasian SAP dengan beberapa penyesuaian. Metode ASAP dipilih berdasarkan tingkat efisiensi waktu dan minimnya biaya yang dikeluarkan dibanding dengan metode lainnya. Dengan penerapan sistem ERP Manufacturing, setiap kegiatan dalam proses produksi dapat terdokumentasi dengan baik dan seluruh dokumen dapat diakses secara real-time. Selain itu, antara bagian produksi dengan bagian penjualan, gudang, dan pembelian dapat terintegrasi dengan baik. Kata kunci : ERP, Odoo, produksi, Manufacturing, Metode ASAP

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM ERP MANUFACTURING MENGGUNAKAN ODOO PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DENGAN METODE ACCELERATED SAP (Studi Kasus PT. Sampoerna Jaya Sentosa)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDYASARI OKTAVIANI
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4Q3 - ERP PRODUKSI DAN LOGISTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini