MEMBANGUN SISTEM INFORMASI KESISWAAN DAN BK PADA E-SCHOOL DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI QR CODE PADA KARTU SISWA DI SMP NEGERI 13 BANDUNG MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

MUCHAMAD REZA JULIANSYAH

Informasi Dasar

16.04.1766
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara lain di dunia khususnya ditingkat dasar dan menengah. Permasalahan ini memiliki dampak yang besar terhadap majunya masyarakat Indonesia. Sekolah menengah pertama negeri 13 Bandung saat ini menjadi sekolah percontohan kurikulum 2013 yang mulai menekankan penggunaan teknologi baik dari segi pembelajaran siswa ataupun manajemen sekolah.

Proses yang terjadi saat ini seperti mengelola dan mengolah data-data disekolah masih berjalan secara manual atau hanya dengan bantuan excel, selain itu terdapat banyaknya duplikasi data yang menyebabkan kebingungan saat proses pengelolaan data tersebut dilaksanakan. Sering terjadinya kehilangan data karena penyimpanan data tidak disatu tempat dan setiap data tersimpan dalam excel yang jumlahnya terus bertambah seiring bergantinya tahun ajaran. Belum adanya integrasi data dari satu bagian sekolah kebagian lainnya yang menyebabkan pengolahan data menjadi lama serta kadang berantakan.

Metode extreme programming memiliki kelebihan dalam menjalin komunikasi yang baik dengan user serta meningkatkan komunikasi dan sifat saling menghargai antar pengembang. Selain itu, extreme programming digunakan saat user membutuhkan waktu yang cepat dalam pembuatan sistem, saat kebutuhan sistem selalu berubah, serta dapat dilakukan dengan 2-10 orang dalam tim.

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dirasa menjadi solusi yang tepat dari masalah yang ada. Solusi tersebut diwujudkan dengan sebuah sistem informasi sekolah. Sistem informasi pada sekolah ini diterapkan melalui e-school yang merupakan sebuah aplikasi berbasis elektronik yang membantu kegiatan satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi penting sekolah.

Kata kunci: e-school, extreme programming, sistem informasi sekolah

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI KESISWAAN DAN BK PADA E-SCHOOL DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI QR CODE PADA KARTU SISWA DI SMP NEGERI 13 BANDUNG MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUCHAMAD REZA JULIANSYAH
Perorangan
NIA AMBARSARI, MUHAMMAD AZANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IS2323 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
  • IS2423 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • IS3323 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • IS3333 - PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
  • HUG1Q3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI
  • ISG3A4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3C3 - PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
  • ISG4A3 - TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini