MEMBANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA E-SCHOOL BERBASIS QR CODE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

MOCHAMAD THARIQ JANUAR

Informasi Dasar

16.04.1747
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan tingkat sekolah merupakan urat nadi pembangunan suatu bangsa, dari pendidikan sekolah diperoleh bekal ilmu pengetahuan serta budi pekerti setiap individu penerus kejayaan bangsa. Kualitas pendidikan sekolah yang baik dapat ditunjang dengan kualitas sistem pembelajaran sekolah yang baik pula. Hal ini menekankan bahwa kemajuan teknologi dapat berpengaruh signifikan bagi perkembangan pendidikan. SMP Negeri 13 Bandung sebagai salah satu sekolah percontohan kurikulum 2013 belum mengimplementasikan teknologi secara maksimal pada sistem pembelajaran yang sedang berjalan. Proses belajar mengajar yang tergolong konvensional serta sistem akademik sekolah yang masih menerapkan ‘alat tradisional’ seperti materi pembelajaran, pengolahan data siswa, data guru, absensi siswa dan nilai raport menggunakan kertas atau apikasi pengolah angka Ms. Excel, tanpa adanya database yang terintegrasi, terbukti membuat sistem akademik sekolah tidak efektif dan solutif. Oleh karena itu, permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan suatu sistem informasi akademik yang efektif dan solutif bagi SMP Negeri 13 Bandung.

Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Extreme Programming. Metode ini memiliki kelebihan pada waktu pengembangan sistem yang tergolong cepat, serta menjadikan user sebagai orientasi utama atau user dilibatkan dalam pengembangan sehingga sistem yang dikembangkan pun sesuai dengan keinginan user itu sendiri. Selain itu kelebihan lain yang dimiliki oleh metode ini yaitu kedekatan dan komunikasi yang baik antar anggota tim pengembang.

Dengan adanya sistem informasi akademik diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat bagi sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang nantinya dapat meningkatkan kualitas individu siswa serta kualitas bangsa negara.

Kata kunci : sistem informasi akademik, extreme programming

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA E-SCHOOL BERBASIS QR CODE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD THARIQ JANUAR
Perorangan
NIA AMBARSARI, MUHAMMAD AZANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISG2H4 - SISTEM BASIS DATA
  • ISG3A4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3C3 - PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
  • ISG3H3 - INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE
  • ISG4A3 - TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH
  • ISG4H3 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • ISG4L3 - PENGEMBANGAN APLIKASI ENTERPRISE
  • ISG3J3 - PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini