PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA PROSES PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT. LEN INDUSTRI

DELIS SEPTIANTI BALGIS

Informasi Dasar

16.04.1698
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Len Industri yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berbentuk perusahaan persero yang bergerak dibidang elektronika. Seiring semakin bervariasinya proyek yang diterima maka semakin banyak pula variasi produk yang harus diproduksi. Berdasarkan hal tersebut, menimbulkan permasalahan bagi bagian Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Permasalahan yang sering dihadapi yaitu adanya ketidak sesuaian antara perencanaan produksi yang telah dibuat dengan realisasi produksi, karena belum adanya standar dalam pembuatan target produktivitas. Aliran dokumen antar bagian yang terkait masih dilakukan secara manual.

Berdasarkan permasalahan tersebut, pengimplementasian Enterprise Resource Planning (ERP) dapat menjadi salah satu solusi. ERP merupakan, sebuah sistem terpadu yang dapat mengintegrasikan proses bisnis dari fungsi departemen yang berbeda. Implementasi ERP menggunakan aplikasi SAP (System, Applications, Production in Data Processing) modul production planning, karena SAP-ERP sesuai apabila digunakan untuk perusahaan yang memiliki kompleksitas produksinya tinggi. Implementasi SAP-ERP ini mengadaptasi metode Accelerate SAP (ASAP) dengan tahapan yaitu project preparation, business blueprint, realization dan final preparation.

Pada pengembangan ini akan dilakukan penyesuain proses bisnis SAP-ERP dengan perusahaan melalui analisis gap dan fit. Selain itu, dilakukan juga analisis risiko untuk mengetahui kemungkinan terjadinya risiko dan dampak dalam pengembagan SAP-ERP pada perusahaan. Selanjutnya, akan dilakukan konfigurasi pada aplikasi.

Oleh karena adanya penyesuain proses bisnis, maka dapat memenuhi kebutuhan dalam proses pelaksanaan perencanaan dan pengendalian produksi yang realtime, akurat dan dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan apabila terjadi kendala atau ketidaksesuaian selama produksi berjalan dan dapat mengurangi keterlambatan produksi. Hal tersebut juga dapat tercapai apabila adanya perubahan budaya kerja dan dukungan yang penuh dari pihak manager dalam pengembangan aplikasi SAP-ERP modul production planning di PT. Len Industri.

Kata Kunci: ERP, SAP-ERP, Production Planning, ASAP.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA PROSES PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT. LEN INDUSTRI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELIS SEPTIANTI BALGIS
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4Q3 - ERP PRODUKSI DAN LOGISTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini