Komodifikasi Wanita Berhijab dalam Iklan Produk Perawatan Rambut (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan TVC Produk Sunsilk Clean and Fresh)

PUTRI RUSMA FATHANAH

Informasi Dasar

16.04.1678
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi media massa merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan suatu perusahaan dalam mengiklankan produknya. Penelitian ini mencoba untuk memberikan analisis kritis mengenai komodifikasi pada media massa khususnya iklan tv komersial. Seperti yang diketahui bahwa produk perawatan rambut menggunakan rambut sebagai nilai jualnya. Oleh karena itu tidak seharusnya hijab sebagai sebuah nilai agama dijadikan komoditas untuk meraih keuntungan.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma kritis. Penelitian ini menggunakan teori Komodifikasi dari Vincent Mosco melalui pisau bedah Analisis Semiotika Roland Barthes. Tujuannya adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada kostum, adegan, dan narasi (teks) dalam iklan produk perawatan rambut Sunsilk Clean and Fresh. Hasil dari penelitian yang berjudul “Komodifikasi Wanita Berhijab dalam Iklan Produk Perawatan Rambut (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan TVC Produk Sunsilk Clean and Fresh)” ini adalah adanya pesan-pesan tersembunyi yang terdapat pada iklan tersebut. Makna kostum yang digunakan menunjukkan citra produk tersebut sebagai sampo yang dapat mengatasi masalah kesehatan rambut bagi wanita berhijab karena menggunakan hijab akan membuat kulit kepala berkeringat dan gatal. Makna pada adegan menunjukkan aktifitas sehari-hari wanita berhijab. Makna narasi (teks) menunjukkan bahwa orang yang berhijab akan memilik masalah kesehatan rambut dan Sunsilk Clean and Fresh adalah solusinya. Berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes, terdapat ideologi kapitalisme dimana dimanfaatkan oleh kaum kapitalis atau pemilik modal dengan ekonomi politiknya untuk meraup keuntungan demi meningkatkan angka penjualan.

Kata Kunci : Komodifikasi, Iklan, Hijab, Semiotika Roland Barthes

Subjek

ADVERTISING IN TELEVISION
 

Katalog

Komodifikasi Wanita Berhijab dalam Iklan Produk Perawatan Rambut (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan TVC Produk Sunsilk Clean and Fresh)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI RUSMA FATHANAH
Perorangan
IIS KURNIA NURHAYATI, CATUR NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini