APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE VARIABLE COSTING BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KERIPIK RUJAK MAMAH ENUNG, BANDUNG)

WIDYAWATY BANJARNAHOR

Informasi Dasar

16.06.229
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Keripik Rujak Mamah Enung, Bandung merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi keripik rujak yang bersifat home industry dan beralamat di Jl. Braga Gg. Apandi No 103/11 A RT 06/04, Bandung. Perusahaan ini belum memiliki aplikasi yang mampu membantu menentukan perhitungan harga pokok produksi dan terkendala dalam pembuatan laporan keuangan karena perhitungan dilakukan dengan alat bantu kalkulator dan pencatatan dicatat pada selembar kertas. Perhitungan harga pokok produksi sangat penting karena dari perhitungan ini dapat diketahui biaya produksi dari masing-masing produk yang dihasilkan dan memantau realisasi biaya produksi. Pada proyek akhir ini, dibuat aplikasi perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode variable costing di Keripik Rujak Mamah Enung, Bandung yang dicatat berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan–Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP). Aplikasi ini dapat mengelola bahan baku, meng-input-kan biaya bahan baku, meng-input-kan biaya tenaga kerja variabel, meng-input-kan biaya overhead pabrik dan menghitung biaya produksi. Aplikasi ini juga mampu menghasilkan data jurnal, buku besar, kartu stok, dan laporan harga pokok produksi. Pembuatan proyek akhir ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak model waterfall dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Sistem dibuat untuk memberikan kemudahan pada pengguna sistem khususnya pada pemilik/admin, bagian gudang, bagian produksi, dan bagian keuangan dalam pencatatan biaya produksi dan pembuatan laporan harga pokok produksi pada Keripik Rujak Mamah Enung, Bandung.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE VARIABLE COSTING BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KERIPIK RUJAK MAMAH ENUNG, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDYAWATY BANJARNAHOR
Perorangan
Renny Sukawati, Cecep Ruddi Kusnadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini