Aplikasi Pengelolaan Produksi Menggunakan Jasa Makloon dan Perhitungan Harga Pokok Penjualan (Studi Kasus: Disya, Bandung)

TINTRIN INTAN PRATIWI

Informasi Dasar

16.06.227
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Disya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tekstil dengan proses produksi yang dilakukan oleh pihak ketiga yaitu makloon. Perusahaan ini mengalami kesulitan dalam pencataan penerimaan produk jadi yang dilakukan secara bertahap, selain itu keterbatasan karyawan menyebabkan Disya tidak teratur dalam pencatatan setiap transaksi sehingga dapat menyebabkan kesalahan perhitungan harga persatuan pakaian. Berdasarkan permasalahan tersebut aplikasi ini dibangun dengan tujuan yang pertama untuk mencatat pembelian bahan baku, penyerahan bahan baku kepada makloon, dan penerimaan produk jadi, kedua untuk mengelola produksi pakaian regular dan pesanan khusus dengan jasa makloon dan menghitung harga pokok penjualan yang digunakan untuk mengetahui nilai nominal barang yang terjual dan laba yang diinginkan oleh perusahaan, dan ketiga untuk menghasilkan jurnal, buku besar, daftar persediaan barang dagang, laporan laba rugi, dan grafik perbandingan laba setiap bulan. Aplikasi ini memuat lima fungsionalitas, yaitu fungsionalitas pengelolaan data master, kelola pembelian bahan baku secara tunai, penyerahan bahan baku kepada makloon, penerimaan produk jadi, dan proses laporan. Kesimpulannya adalah aplikasi yang dibangun mampu mencatat pembelian bahan baku, penyerahan bahan baku kepada pihak makloon dan penerimaan produk jadi, menghasilkan jurnal, buku besar, perhitungan harga pokok penjualan, laporan laba rugi, dan mampu menampilkan daftar persediaan produk jadi, kartu pesanan, serta grafik perbandingan laba setiap bulan. Perancangan sistem informasi menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) dengan metode Software Development Life Cycle (SDLC) yang dilakukan sampai tahap pengujian sistem dan integrasi yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang didukung dengan database MySQL.

Kata Kunci: aplikasi berbasis web, produksi, jasa makloon, harga pokok penjualan

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Produksi Menggunakan Jasa Makloon dan Perhitungan Harga Pokok Penjualan (Studi Kasus: Disya, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TINTRIN INTAN PRATIWI
Perorangan
Magdalena Karismariyanti, Fitri Sukmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini