APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE PROCESS COSTING BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI PABRIK SIOMAY HADE, CIPARAY)

MUTIA NURUL MUNIFAH

Informasi Dasar

16.06.220
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pabrik Siomay Hade adalah salah satu perusahaan industri makanan yang memproduksi siomay. Dalam proses menghitung biaya produksinya, perusahaan ini masih mengalami kesulitan. Ini disebabkan karena perhitungan biaya produksinya masih berdasarkan taksiran biaya dari bahan baku utama siomay dan biaya gaji pegawai tanpa memperhitungkan biaya lainnya yang dikeluarkan selama proses produksi berlangsung. Untuk membantu perusahaan dalam mencatat biaya-biaya produksi, menghitung harga pokok satuan, menentukan biaya produksi, menghasilkan laporan biaya produksi, jurnal, dan buku besar, maka dibuatlah aplikasi ini. Aplikasi ini akan menghitung biaya yang dikeluarkan selama proses produksi berlangsung. Perhitungan biaya produksi pada aplikasi ini menggunakan metode process costing. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yaitu mampu mencatat data produksi, menghitung harga pokok satuan, menghitung biaya produksi, menghasilkan laporan biaya produksi serta catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar. Pembangunan perangkat lunak menggunakan model terstruktur yang terdiri dari Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), kamus data dan spresifikasi proses. Implementasi aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing terhadap dari fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Biaya Produksi, Harga Pokok Satuan, Process Costing

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE PROCESS COSTING BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI PABRIK SIOMAY HADE, CIPARAY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIA NURUL MUNIFAH
Perorangan
Asti Widayanti, Irna Yuniar
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini