APLIKASI PERHITUNGAN DAN PENCATATAN MODAL KERJA DENGAN METODE PERPUTARAN DANA BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KERIPIK RUJAK MAMAH ENUNG, BANDUNG)

DITA REGINA BR.PANGGABEAN

Informasi Dasar

16.06.210
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Modal kerja merupakan dana yang diperlukan untuk membiayai aktivitas operasional di perusahaan. Dalam menentukan besarnya kebutuhan modal kerja salah satu metode yang bisa digunakan yaitu metode perputaran dana. Unsur pembentuk modal kerja berupa kas, piutang, persediaan, dan liabilitas. Keripik Rujak Mamah Enung merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi keripik rujak yang beralamatkan di jalan Braga, Bandung. Industri keripik rujak terkendala dalam pembuatan laporan keuangan karena tidak adanya pencatatan akuntansi serta tidak adanya penentuan perputaran dana dalam menyediakan modal kerja sehingga pemilik kesulitan dalam menentukan modal kerja untuk bulan berikutnya. Modal kerja diperlukan untuk membiayai aktivitas operasional di perusahaan seperti untuk membiayai pembelian bahan baku, membayar gaji dan upah karyawan, dan lain sebagainya. Dari permasalahan tersebut industri keripik rujak membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mengelola pencatatan data hasil dari transaksi serta menentukan nilai dan perputaran modal kerja. Dalam pembuatan aplikasi teknik pengumpulan data kebutuhan sistem dilakukan dengan cara wawancara kepada pemilik, observasi ke tempat industri, serta berdasarkan studi literatur. Penulisan kode program dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi mampu menentukan nilai dan perputaran kas, piutang, persediaan, dan liabilitas; aplikasi mampu menentukan periode perputaran dan waktu penggunaan unsur modal kerja, aplikasi mampu menentukan nilai dan perputaran modal kerja, serta aplikasi mampu mengelola pencatatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar. Hal ini terbukti dari hasil pengujian secara manual dan aplikasi yang telah menunjukkan hasil yang sama, serta fungsionalitas sudah sesuai yang diharapkan.

Kata Kunci: Perputaran Dana, Modal Kerja, SAK-ETAP

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN DAN PENCATATAN MODAL KERJA DENGAN METODE PERPUTARAN DANA BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KERIPIK RUJAK MAMAH ENUNG, BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DITA REGINA BR.PANGGABEAN
Perorangan
Asti Widayanti, C Ruddi Kusnadi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini