Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Biaya Proses Berbasis Web (Studi Kasus: Nanjung Furniture, Bandung)

DINDA CITRA YUNIAR

Informasi Dasar

16.06.208
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Nanjung Furniture adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi furniture dengan bahan baku rotan. Proses produksi pada Nanjung Furniture dilakukan secara masal dengan tidak mempertimbangkan adanya pesanan maupun tidak adanya pesanan. Saat ini perhitungan harga pokok produksi belum dilakukan oleh pemilik Nanjung Furniture. Diperlukan perhitungan harga pokok produksi agar dapat mengontrol proses produksi, seta mengetahui harga produk per satuan untuk menentukan harga jual barang jadi yang distok pada cabang-cabang Nanjung Furniture. Untuk metode perhitungan harga pokok produksi yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah dengan metode biaya proses. Aplikasi yang dibangun dengan tiga tujuan yaitu, untuk mengelola pengadaan bahan baku dan bahan penolong, mengelola dan menghitung harga pokok satuan dan harga pokok produksi, serta aplikasi dapat menghasilkan jurnal, buku besar, laporan persediaan produk jadi dan laporan harga pokok produksi. Fungsionalitas dari aplikasi yang dibangun adalah, fungsionalitas data master, fungsionalitas pengadaan bahan produksi, fungsionalitas pengelolaan data produksi, fungsionalitas perhitungan harga pokok satuan, fungsionalitas perhitungan harga pokok produksi dan fungsionalitas laporan. Perancangan sistem informasi yang digunakan pada aplikasi adalah Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Aplikasi ini dibuat berbasis web, dengan metode pengembangan perangkat lunak menggunakan waterfall dan implementasinya menggunakan Bahasa pemrograman PHP yang didukung dengan database MySQL. Aplikasi yang dibangun mampu mengelola pengadaan bahan baku dan bahan penolong, mengelola dan menghitung harga pokok satuan dan harga pokok produksi dan menghasilkan jurnal, buku besar, laporan persediaan produk jadi dan laporan harga pokok produksi. Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Biaya Proses, PHP, MySQL

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Biaya Proses Berbasis Web (Studi Kasus: Nanjung Furniture, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA CITRA YUNIAR
Perorangan
Anak Agung Gde Agung, Junaedi Abdillah
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini