APLIKASI UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH DAN FREKUENSI PEMESANAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR DISKON BERBASIS WEB (STUDI KASUS INDUSTRI RUMAHAN KERUPUK HNN BANDUNG)

DESY NURRANI

Informasi Dasar

16.06.206
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kerupuk HNN adalah sebuah industri rumahan yang memproduksi kerupuk terung siap makan yang terletak di Cipagalo, Bandung. Kerupuk HNN menggunakan bahan baku seperti tepung tapioka, minyak goreng dan bawang sebagai rempah-rempah pokok dalam pembuatan kerupuk. Manajemen persediaan bahan baku menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan produksi perusahaan. Jika perusahaan terlalu banyak dalam pengadaan persediaan, bisa jadi bahan baku akan rusak dan akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Namun jika pengadaan persediaan terlalu sedikit, ditakutkan akan terjadi stockout yang akan berimbas terhadap resiko produksi perusahaan. Ditambah dengan adanya diskon kuantiti yang diberikan oleh pemasok, sehingga diperlukan perhitungan untuk menentukan total pembelian bahan baku yang optimal. EOQ (Economic Order Quantity) merupakan salah satu metode pengadaan persediaan bahan baku. Jika EOQ tanpa mempertimbangkan faktor diskon, harga bahan baku selalu konstan, maka EOQ dengan mempertimbangkan faktor diskon dipengaruhi oleh diskon kuantitas yang diberikan oleh pemasok. Diskon ini akan berpengaruh terhadap perhitungan EOQ, frekuensi pemesanan dan total biaya minimum. Oleh karena itu, aplikasi ini berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut, seperti menghitung EOQ dengan mempertimbangkan faktor diskon, menghitung frekuensi pemesanan, menentukan total biaya minimum serta memberikan catatan akuntansi kepada perusahaan. Perancangan aplikasi ini diawali dengan mengumpulkan data dari perusahaan, seperti wawancara dan observasi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Framework Codeigniter dan metode waterfall sebagai pengembangannya. Tahap pengembangan yang dijalankan hanya sampai tahap pengujian. Aplikasi ini dibuat dalam bahasa pemrograman php dan database MySQL. Hasil akhir aplikasi proyek akhir ini dapat membantu perusahaan untuk menentukan kuantitas pembelian yang ekonomis berdasarkan diskon yang diberikan oleh supplier dan menentukan total biaya yang paling optimum disertai dengan jurnal, buku besar dan laporan persediaan.

Kata Kunci: Persediaan Bahan Baku, EOQ diskon, Codeigniter, MySQL

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH DAN FREKUENSI PEMESANAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR DISKON BERBASIS WEB (STUDI KASUS INDUSTRI RUMAHAN KERUPUK HNN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESY NURRANI
Perorangan
Asti Widayanti, Indra Lukmana Sardi
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • KA3344 - PROYEK AKHIR
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini