ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI, ARUS KAS BEBAS, DAN HARGA SAHAM TERHADAP DIVIDEN KAS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2010-2014)

TRIAS ANGGUNDINI

Informasi Dasar

16.04.1599
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen kas sebuah perusahaan memiliki dampak penting bagi banyak pihak yang terlibat di masyarakat. Bagi para pemegang saham atau investordividen kas cenderung lebih menarik perhatian bagi pemegang saham, hal ini karena dividen kas yang diperoleh tersebut merupakan salah satu bentuk cerminan kepastian nilai yang diperoleh atas modal yang disetorkan Sedangkan, bagi pihak manajemendividen kas merupakan arus kas keluar yang mengurangi kas perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak pertimbangan dalam menentukan kebijakan dividen kas sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan serta dapat mensejahterakan pemegang sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi, arus kas bebas, dan harga saham terhadap dividen kas yang diukur menggunakan dividend per share, baik secara parsial maupun simultan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 7 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2010 sampai 2014. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba akuntansi, arus kas bebas, dan harga saham secara simultan berpengaruh terhadap dividen kas. Secara parsial, laba akuntansi dan arus kas bebas tidak berpengaruh terhadap dividen kas. Sedangkan, harga saham berpengaruh positif terhadap dividen kas. Penelitian mendatang dapat menambahkan variabel independen lain untuk mengetahui faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dividen kas, serta menggunakan unit analisis yang lebih luas serta jangka waktu yang lebih panjang. Bagi perusahaan subsektor makanan dan minuman dapat mengambil keputusan terkait pembayaran dividen. Bagi investor, hasil penelitian ini yaitu harga saham dapat digunakan dalam salah satu dasar pengambilan keputusan investasi. Kata kunci : laba akuntansi, arus kas bebas, harga saham, dividen kas

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI, ARUS KAS BEBAS, DAN HARGA SAHAM TERHADAP DIVIDEN KAS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRIAS ANGGUNDINI
Perorangan
KHAIRUNNISA, MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini