PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BI RATE, DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP PENYALURAN KREDIT PERBANKAN (Studi pada Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)

PUTRI ANDINI

Informasi Dasar

16.04.1591
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbankan Indonesia memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat. Dalam menghimpun dana dari masyarakat, bank menawarkan simpanan giro, simpanan tabungan, dan simpanan deposito, sedangkan dalam menyalurkan dana ke masyarakat, bank memberikannya dalam bentuk kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit perdagangan serta jasa-jasa bank lainnya. Dalam menjalankan kegiatannya, terdapat biaya yang banyak dikeluarkan oleh bank yaitu biaya untuk membayar bunga kepada deposan, sedangkan pendapatan bank sendiri banyak dihasilkan dari pendapatan bunga yang asalnya dari penyaluran kredit. Untuk menetapkan tarif biaya dan pendapatan tersebut, bank sentral menetapkan suku bunga BI rate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga, BI rate, dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) terhadap penyaluran kredit perbankan, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini merupakan seluruh populasi yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Dari seluruh populasi yang dijadikan sampel, diperoleh 4 perbankan yang diteliti selama lima tahun, yaitu dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Penelitin ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan dana pihak ketiga, BI rate, dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan. Secara parsial, dana pihak ketiga dan BI rate berpengaruh positif terhadap penyaluran kredit perbankan, sedangkan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit perbankan. Penelitian mendatang dapat menggunakan variabel independen lain agar dapat diketahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi penyaluran kredit perbankan serta menggunakan jangka waktu penelitian yang lebih panjang. Bagi investor agar lebih selektif dalam berinvestasi agar mendapatkan tingkat pengembalian sesuai dengan yang diharapkan. Bagi perbankan BUMN agar dapat mengelola bank menjadi lebih baik agar timbul rasa percaya masyarakat untuk menyerahkan dananya ke bank untuk dikelola.

Kata kunci: dana pihak ketiga, BI rate, biaya operasional pendapatan operasional (BOPO), penyaluran kredit

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BI RATE, DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP PENYALURAN KREDIT PERBANKAN (Studi pada Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI ANDINI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini