PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI WILAYAH BANDUNG)

NADYA DWI WAHYUNI

Informasi Dasar

16.04.1588
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Laporan audit yang dihasilkan oleh seorang auditor haruslah berkualitas karena laporan audit tersebut dibagikan kepada para pemakai laporan keuangan seperti pemegang saham dan investor sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan. Pemakai laporan keuangan mengharapkan profesi akuntan publik melakukan penilaian bebas dan tidak memihak terhadap informasi yang disajikan oleh manajemen perusahaan dalam laporan keuangan. Namun pada praktiknya masih banyak kasus yang melibatkan akuntan publik terkait independensi auditor yang berdampak diragukannya kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi auditor dan tekanan anggaran waktu terhadap kualitas audit baik secara simultan maupun parsial yang diukur berdasarkan jawaban reponden dari pengembalian kuesioner yang telah disebarkan sebelumnya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah kantor akuntan publik yang berada di wilayah Bandung. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik convenience sampling dan diperoleh 54 sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi auditor dan tekanan anggaran waktu secara simultan berpengaruh terhadap kualitas audit. Secara parsial independensi auditor dengan arah positif berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas audit, tekanan anggaran waktu dengan arah positif berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas audit.
 Penelitian mendatang dapat dilakukan diluar masa puncak audit, menggunakan variabel independen lainnya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kualitas audit dan melakukan pengembangan indikator yang belum terukur pada variabel ini, serta memperluas objek penelitian sehingga dapat mencakup seluruh KAP yang aktif di berbagai kota lainnya. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi pandangan bagi auditor untuk meningkatkan kinerjanyan, serta KAP diharapkan untuk memberikan data informasi terbaru mengenai KAP kepada IAPI.

Kata kunci: independensi auditor, tekanan anggaran waktu, dan kualitas audit

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI WILAYAH BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA DWI WAHYUNI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3C3 - AUDITING I

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini