GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2010-2014)

NADYA DAMAYANTHI

Informasi Dasar

16.04.1586
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Persaingan yang semakin ketat mengakibatkan perusahaan perlu pengelolaan yang efektif dan efisien, yang mengindikasikan perusahaan berkinerja baik. Untuk menjalankan aktivitas pengelolaan, perusahaan memerlukan modal yang dipertimbangkan melalui proses pengambilan keputusan pendanaan. Keputusan tersebut perlu mempertimbangkan kepentingan pemegang saham, sehingga perusahaan memerlukan pengendalian yang dapat dilakukan oleh komisaris independen dan komite audit.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance yang terdiri dari komisaris independen dan komite audit, serta keputusan pendanaan yang terdiri dari struktur modal dan kebijakan dividen, terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan Altman Z-Score, baik secara simultan maupun parsial. 
 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2010 sampai 2014. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen, komite audit, struktur modal, dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh terhadap kinerja perusahan. Secara parsial, komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Komite audit dan kebijakan dividen berpengaruh positif, sedangkan struktur modal berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan. Penelitian mendatang dapat menggunakan variabel independen pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan di industri yang berbeda, serta menggunakan proksi lain untuk kinerja perusahaan selain Altman Z-Score. Bagi perusahaan sektor industri dasar dan kimia, perusahaan perlu mempertahankan kondisi sehat yang mengacu pada indikator-indikator keuangan Altman Z-Score yang telah dicapai. Bagi investor, hasil penelitian ini, yaitu komite audit, struktur modal, dan kebijakan dividen, dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam pengambilan keputusan investasi.

Kata kunci: good corporate governance, keputusan pendanaan, Altman Z-Score

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA DAMAYANTHI
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini