Interaksi Sosial Role-Player di Dunia Virtual (Studi Etnografi Virtual Pada Pengguna Akun Role-Play di Media Sosial Twitter)

DIMAS PERMADI

Informasi Dasar

16.04.1552
305.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Interaksi Sosial Role-Player di Dunia Virtual dengan sub judul Studi Etnografi Virtual Pada Pengguna Akun Role-Play di Media Sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses interaksi sosial yang terjadi antar pengguna akun Role-Play di media sosial Twitter dan untuk menjelaskan mengenai motif penggunaan akun Role-Play. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Etnografi Virtual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara online dan offline dan observasi secara online. Pembahasan melalui hasil wawancara dan observasi dengan jumlah informan penelitian sebanyak 4 (empat) yang merupakan 3 orang pengguna akun Role-Play di media sosial Twitter aktif dan 1 (satu) informan pendukung yaitu mantan Role-Player. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa interaksi sosial antar pengguna akun Role-Play di media sosial Twitter melewati beberapa tahap seperti saling menyapa satu sama lain dengan ucapan tweet “selamat pagi” atau dengan reply tweet yang sama seperti demikian untuk memulai topik pembicaraan, dimana topik pembicaraan tersebut terbagi menjadi OOC (Out of Character) maupun Less OOC/IC (In Character), lalu interaksi diakhiri tanpa ada indikasi untuk berlanjut di luar dunia virtual. Kemudian motif penggunaan akun Role-Play di media sosial Twitter yaitu adanya rasa penasaran karena diajak teman, ingin merasakan jadi sosok idolanya, dan mencari teman baru.

Subjek

ETHNOGRAPHY
 

Katalog

Interaksi Sosial Role-Player di Dunia Virtual (Studi Etnografi Virtual Pada Pengguna Akun Role-Play di Media Sosial Twitter)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS PERMADI
Perorangan
Adi Bayu Mahadian, Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  @pump_upp - best crypto pumps on telegram ! 5 February, 2023
username –
https://t.me/pump_upp - best crypto pumps on telegram
Make 1000% and more within 1 day, join channel @pump_upp
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini