PENGARUH MOTIF PRIBADI DALAM PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) KANTOR PUSAT BANDUNG (Studi mengenai Model Uses and Gratification pada Tabloid Kontak PT KAI)

AZMITA RIZKIWANTIE

Informasi Dasar

16.04.1548
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang transportasi umum. Sampai saat ini, penggunaan media cetak yang bersifat internal masih dipertahankan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai media komunikasi internal untuk menyampaikan informasi-informasi seputar perusahaan. Media internal dibutuhkan oleh perusahaan karena jumlah karyawan yang besar sehingga membuat manajemen mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan karyawannya. Dengan adanya media internal bisa memudahkan manajemen untuk memberikan informasi kepada karyawannya. Media cetak yang bersifat internal ini dinamakan tabloid Kontak . Tabloid Kontak merupakan singkatan dari Komunikasi Antar Karyawan yang telah berdiri sejak tahun 1973. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motif pribadi dalam penggunaan media internal tabloid Kontak terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan PT KAI dengan penggunaan media internal tabloid Kontak sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi, uses and gratification, public relations, dan kebutuhan informasi. Variabel-variabel dalam penelitian ini saling berhubungan dan termasuk dalam model uses and gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan analisis inferensial dengan pendekatan assosiatif. Responden dari penelitian ini adalah 173 karyawan PT KAI Kantor Pusat, dengan teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis korelasi serta analisis jalur (Path Analysis), sebab terdapat variabel intervening dalam penelitian ini sehingga dimungkinkan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan pengujian hipotesis dan hasil perhitungan menujukan bahwa motif pribadi berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan sebesar (58,36%), motif pribadi berpengaruh terhadap penggunaan media internal tabloid Kontak sebesar (10,62%), penggunaan media internal tabloid Kontak berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan sebesar (28,11%), motif pribadi berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan melalui penggunaan media internal tabloid Kontak sebagai variabel intervening sebesar (68,9%) dan secara tidak langsung sebesar (17,3%).

Subjek

MEDIA-PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

PENGARUH MOTIF PRIBADI DALAM PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) KANTOR PUSAT BANDUNG (Studi mengenai Model Uses and Gratification pada Tabloid Kontak PT KAI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZMITA RIZKIWANTIE
Perorangan
Roro Retno Wulan, Ayub Ilfandy Imran
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini