PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP DENGAN MODIFIKASI PATCH RECTANGULAR TWO-ARM PADA FREKUENSI ULTRAWIDEBAND (0.8 – 2.5 GHz)

FITRIA NAILUL MUNA

Informasi Dasar

16.04.1538
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berkembangnya industri telekomunikasi serta permintaan layanan komunikasi yang semakin tinggi, maka terjadi juga peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap komunikasi. Alasan inilah yang memicu perkembangan teknologi komunikasi terutama di bidang wirelessnya. Sebenarnya tidak hanya di bidang wireless saja, tetapi juga pada teknologi lain yang memanfaatkan jaringan teknologi broadband. Salah satu bagian penting dalam teknologi wireless adalah bagian dari antenanya dimana antena ini adalah komponen penerima dan pengirim gelombang elektomagnetik dari dan ke ruang bebas. Supaya bekerja dengan baik, maka teknologi tersebut memerlukan suatu antena yang bekerja sesuai dengan frekuensi kerjanya. Antena microstrip spiral Archimedean merupakan salah satu jenis dari antena microstrip, yang terdiri dari patch (konduktor) tipis yang berbentuk spiral dan dicetak pada suatu substrat. Antena ini mampu bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi dan lebar (ultra wideband). Tugas akhir ini telah berhasil membuat prototip antena mikrostrip spiral archimedean dengan menggunakan substrat Epoxy FR4 dan teknik matching impedance dengan balun untuk menyesuaikan impedansi yang dihasilkan antena 188,5 ? dengan saluran 50 ? agar didapatkan VSWR antena kurang dari 2 pada range frekuensi kerja antena 0.8-2.5 GHz. Simulasi perancangan antena menggunakan software CST Studio Suit 2014. Dari hasil perancangan prototip antena spiral archimedean rectangular two-arm dengan penambahan balun untuk matching impedance didapatkan nilai VSWR yang sesuai spesifikasi antena yaitu VSWR ? 2 pada range frekuensi 0.8-2.5 GHz dengan gain > 3dBi dan memiliki pola radiasi bidirectional.

Kata kunci: microstrip, spiral archimedean, wideband, ultrawideband, balun.

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP DENGAN MODIFIKASI PATCH RECTANGULAR TWO-ARM PADA FREKUENSI ULTRAWIDEBAND (0.8 – 2.5 GHz)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRIA NAILUL MUNA
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Agus Dwi Prasetyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini