ANALISIS PERFORMANSI MODIFIKASI BINARY SPRAY AND WAIT MENGGUNAKAN PROPHET PADA DELAY TOLERANT NETWORK

BIMA ADHIGUNA

Informasi Dasar

16.04.1532
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Delay Tolerant Network (DTN) memungkinkan komunikasi dalam lingkungan di mana mungkin tidak ada jalur end-to-end, peluang komunikasi datang dan pergi dan intervalnya bisa sangat panjang dan bahkan tidak diketahui sebelumnya. Ada beberapa Routing Protocol pada DTN, diantaranya Binary Spray and Wait yang merupakan pengembangan dari Spray and Wait, dan PROPHET. Pada Binary Spray and Wait pesan dikirim melalui dua tahap, yaitu tahap Spray yang meneruskan salinan pesan dari node sumber ke node yang berbeda dan tahap Wait sampai node tujuan ditemukan. Sedangkan PROPHET menggunakan Delivery Predictability untuk menemukan node tujuan.

Pada Tugas Akhir ini akan membahas tentang modifikasi Binary Spray and Wait pada tahap spray menggunakan teknik delivery predictability yang ada di PROPHET. Simulasi akan menggunakan ONE (Opportunistic Network Environtment) Simulator dan akan menganalisa Delivery Probability, Overhead Ratio, Buffer Time, Average Latency dan Average Remaining Energy pada pergerakan node Shortest Path Map Based dan Random Way Point.

Berdasarkan pengamatan, dihasilkan Modifikasi Binary Spray and Wait meningkatkan performansi average latency dan buffer time dibanding dengan Binary Spray and Wait, namun menurunkan sedikit delivery probability dan memperbesar overhead ratio.

Kata Kunci : Delay Tolerant Network, Spray and Wait, PROPHET, Shortest Path Map Based, Random Way Point.

Subjek

NETWORK COMMUNICATION
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI MODIFIKASI BINARY SPRAY AND WAIT MENGGUNAKAN PROPHET PADA DELAY TOLERANT NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMA ADHIGUNA
Perorangan
Tody Ariefianto, Leanna Vidya Novita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini