PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA ONLINE SHOP ESGOTADO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)

NITA NURASMAWATI

Informasi Dasar

16.04.1521
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Instagram merupakan media sosial yang paling banyak diakses yang ketika menggunakan Internet. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna menggungah foto dan video serta berbagi dengan pengguna lainnya, namun saat ini Instagram digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi suatu produk yang dijual. Para pemilik online shop di Instagram mempromosikan produk melalui celebrity endorser yang diharapkan mampu mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen yang akan meningkatkan pendapatan. Salah satu online shop yang menggunakan celebrity endorser di media sosial Instagram adalah Esgotado yang merupakan UKM yang memproduksi tas berbahan dasar kanvas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser yang terdiri dari visibility, credibility, attraction, dan power terhadap proses keputusan pembelian konsumen (studi pada online shop Esgotado di media sosial Instagram). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausalitas dengan metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Pada penelitian ini melibatkan 100 orang responden konsumen tas Esgotado di media sosial Instagram. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling tipe purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan celebrity endorser (visibility, credibility, attraction dan power) berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 72,3%. Secara parsial visibility berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 14,8%, credibility berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 10,8%, attraction berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 21,8% dan power berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 24,9%.

Kata Kunci: Attraction, Celebrity Endorser, Credibility, Power, Proses Keputusan Pembelian, Visiblity.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA ONLINE SHOP ESGOTADO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NITA NURASMAWATI
Perorangan
Marheni Eka Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini