Penilaian Kinerja Keuangan Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Periode 2010-2014 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

FATHIA AHYA NUR IMAN

Informasi Dasar

16.04.1515
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Ditengah menurunnya perekonomian di Indonesia Bank Muamalat merupakan pelopor bank syariah di Indonesia. Bank Muamalat mendapat penghargaan sebagai Bank Syariah Terbaik di Indonesia untuk yang ke-7 kalinya dari Islamic Finance News (IFN) yang berlangsung di Malaysia, dengan predikat sebagai Best Islamic Retail Bank dan Best Islamic Bank in Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja keuangan dengan penggunaaan metode EVA terhadap penilaian kinerja PT Bank Mualamat Indonesia Tbk pada periode 2010 – 2014. Dengan menggunakan ukuran kinerja yang dilihat dari nilai tambah (Value Based) yaitu konsep Economic Value Added (EVA) yang merupakan merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja sebuah perusahaan dengan melakukan pengukuran terhadap laba (nilai) ekonomis yang dihasilkan perusahaan pada periode (jangka waktu) tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi Bank Muamalat yang juga dijadikan sebagai sampel, pada periode laporan keuangan 2010 – 2014. Hasil penelitian Bank Muamalat yang dijadikan sampel menunjukkan nilai EVA negatif, artinya Bank Muamalat pada tahun 2010-2014 tidak dapat menciptakan nilai tambah perusahaan atau laba usaha bersih setelah pajak (NOPAT) yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mampu membiayai atau menutupi semua beban atau biaya modal yang dikeluarkan. Perkembangan kinerja keuangan Bank Muamalat pada tahun 2010-2014 dengan EVA bernilai negatif perkembangan periode 2010-2013 nilai EVA mengalami penurunan, sedangkan pada tahun 2014 nilai EVA mengalami peningkatan walaupun tetap bernilai negatif.

Kata Kunci : Bank Syariah, Kinerja Keuangan, Economic Value Added (EVA).

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
VALUE ADDED-ECONOMIC

Katalog

Penilaian Kinerja Keuangan Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Periode 2010-2014 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHIA AHYA NUR IMAN
Perorangan
Arry Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini