PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) TERHADAP NIAT DAN PERILAKU PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET INDONESIA WIFI @WIFI.ID (Studi pada Telkom University Bandung)

WANDA SEPTIAN

Informasi Dasar

16.04.1490
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

HAbstraksi


Layanan Indonesia WiFi @wifi.id merupakan layanan internet berbasis WiFi yang paling popular di Indonesia dimana layanan tersebut menggabungkan keunggulan mobilitas yang dimiliki jaringan seluler dengan kualitas jaringan yang handal dari jaringan kabel. Namun, tingkat adopsi pengguna dalam menggunakan layanan ini masih terbilang rendah. Oleh karenanya, hal itu penting dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku pengguna dalam menggunakan layanan @wifi.id.

Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran untuk mengetahui faktor yang menjadi preferensi pengguna layanan @wifi.id serta faktor-faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku penggunaan layanan internet @wifi.id di kawasan Telkom University berdasarkan model UTAUT2 yaitu Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit yang dimoderatori oleh Age, Gender, dan Experience.

Penelitian ini menggunakan 420 sampel responden yang menggunakan layanan @wifi.id di kawasan Universitas Telkom dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang terdiri dari pertanyaan preferensi pengguna dan 28 item pernyataan mencakup sembilan konstruk variabel UTAUT 2. Pengujian tingkat preferensi responden menggunakan analisis konjoin tradisional dengan teknik regresi menggunakan software Microsoft excel. Pengujian model struktural dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.80 dan pengukuran uji keterlibatan variabel moderator menggunakan software AMOS 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan merupakan faktor terpenting dalam preferensi pengguna dalam menggunakan @wifi.id, Faktor-faktor UTAUT 2 yang mempengaruhi Behavioral Intention antara lain Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Condition, Price Value, dan Habit. Besarnya pengaruh dari faktor-faktor tersebut adalah 61%, sementara faktor yang mempengaruhi Use Behavior yaitu Behavioral Intention dan Habit mempunyai pengaruh sebesar 53%. Faktor Age terbukti memoderasi pengaruh Social Influence dan Price Value terhadap Behavioral Intention. Gender terbukti memoderasi pengaruh Social Influence, dan Hedonic Motivation terhadap Behavioral Intention serta pengaruh Habit terhadap Use Behavior. Experience terbukti memoderasi pengaruh Facilitating Condition, dan Hedonic Motivation terhadap Behavioral Intention serta pengaruh Behavioral Intention, dan Habit terhadap Use Behavior.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini, perusahaan dapat mempertimbangkan faktor mana saja yang harus menjadi prioritas utama yang harus ditingkatkan, seperti perawatan jaringan secara rutin, mendesain ulang tampilan antarmuka website, bekerjasama dengan seluruh operator telekomunikasi di Indonesia dalam menyediakan saluran penjualan @wifi.id, dan melakukan pengembangan produk yang berorientasi pada kebutuhan pengguna sesuai dengan preferensinya dalam menggunakan layanan @wifi.id.

Kata kunci: Manajemen Operasi, UTAUT2, SEM, Technology Adoption, wifi.id


Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) TERHADAP NIAT DAN PERILAKU PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET INDONESIA WIFI @WIFI.ID (Studi pada Telkom University Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WANDA SEPTIAN
Perorangan
Khairani R. Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini