ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT DAN VALUE ADDED (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR BANK PERIODE TAHUN 2011-2014)

NADIAH PADMI HARTANTI

Informasi Dasar

16.04.1455
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan adanya pertumbuhan laba perbankan yang menurun pada dua tahun terakhir karena meningkatnya biaya dana (cost of fund) menjadi penyebab utama penurunan laba bersih perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda yaitu pendekatan income statement dan value added pada sub sektor bank periode 2011-2014. Kinerja keuangan umumnya diukur berdasarkan penghasilan bersih atau sebagai dasar bagi ukuran lain seperti dividen atau penghasilan per saham. Laporan laba rugi (income statement) menyajikan informasi tentang hasil-hasil usaha yang diperoleh oleh perusahaan yang berisi jumlah penghasilan yang diperoleh dan jumlah biaya yang dikeluarkan. Value added adalah kekayaan yang diciptakan oleh sebuah bisnis selama periode waktu tertentu dan nilai tersebut ditambahkan dan didistribusikan kepada para pemangku kepentingan yang menciptakan nilai tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitif dan deskriptif. Data yang digunakan merupakan laporan keuangan perusahaan secara berturut-turut dan telah diauidit dari tahun 2011 hingga tahun 2014. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji paired sample t-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan dengan menggunakan pendekatan income statement dan value added pada perusahaan sub sektor bank periode 2011-2014. Disarankan untuk para investor melihat kinerja keuangan dari kedua pendekatan yaitu income statement dan value added untuk mendapatkan gambaran yang maksimal terhadap kinerja keuangan perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan lebih banyak rasio untuk mengukur kinerja keuangannya seperti rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) yang digunakan untuk mengukur efisiensi dan kemampuan bank dalam melakukan kegiatan operasionalnya dan juga menambahkan jangka waktu analisis agar lebih tahu besar peningkatan atau penurunan dari masing-masing rasio dan untuk melihat perbandingan kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda.

Kata kunci: Kinerja keuangan, income statement, value added

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
BANK

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT DAN VALUE ADDED (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR BANK PERIODE TAHUN 2011-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIAH PADMI HARTANTI
Perorangan
Muhammad Azhari, Aldila Iradianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini