Analisis Algoritma Backpropagation Termodifikasi Dengan Conjugate Gradient Polak Ribiere Untuk Deteksi Anomali Pada Intrusion Detection System (IDS)

ALVINA NOOR KHARIMA

Informasi Dasar

16.04.1371
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya teknologi yang sangat pesat menimbulkan masalah yang cukup serius terhadap kemanan suatu sistem jaringan komputer. Intrusion Detection System (IDS) merupakan suatu sistem untuk mendeteksi serangan dalam sistem jaringan komputer. Serangan yang merusak sistem jaringan komputer tersebut dikenal sebagai anomali. Pada penelitian ini akan dibahas deteksi anomali pada IDS menggunakan metode jaringan syaraf tiruan dengan Backpropagation termodifikasi menggunakan Algoritma Conjugate Gradient Polak Ribiere. Dataset KDD CUP 1999 mengenai IDS digunakan untuk menguji performansi dari Backpropagation termodifikasi. Hasil pengujian yang diperoleh dari backpropagation termodifikasi adalah performansi berupa recall, presisi, dan f-measure untuk setiap kelas. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh performansi pada kelas intrusi Dos adalah recall 71.00%, presisi 35.36%, dan f-measure 47.21%. Pada kelas intrusi Probe adalah recall 47.89%, presisi 79.66%, dan f-measure 59.28%. Pada kelas intrusi R2l adalah recall 33.74%, presisi 8.25%, dan f-measure 13.25%. Sedangkan performansi untuk kelas Normal adalah recall 90.79%, presisi 97.18%, dan f-measure 93.88%.

Subjek

COMPUTATIONAL INTELLIGENCE
 

Katalog

Analisis Algoritma Backpropagation Termodifikasi Dengan Conjugate Gradient Polak Ribiere Untuk Deteksi Anomali Pada Intrusion Detection System (IDS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVINA NOOR KHARIMA
Perorangan
Adiwijaya, Untari Novia Wisesty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komputasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini