Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Menggunakan Metode Evolutionary Prototyping (Studi Kasus: HRD (Human Resource Development) PT. Mulia Agung Chemindo)

PULUNG SRI HARTONO

Informasi Dasar

16.04.1348
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PT. Mulia Agung Chemindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang Kimia Industri yang dalam proses bisnisnya, perusahaan ini hanya menggunakan sistem informasi pada bagian accounting dimana semua bagian terhubung pada bagian accounting. Sehingga dibutuhkan sistem informasi pada bagian lain khususnya HRD dimana dengan sistem informasi segala jenis proses bisnis bagian HRD dan data yang dibutuhkan bagian accounting dapat diproses secara tidak manual untuk menghindari paper lost dan time lost. Dalam membangun sistem informasi perlu melewati beberapa tahap SDLC (Software Development Life Cycle). RE (Requirement Engineering) merupakan tahap awal dari SDLC. RE diakui sebagai tugas penting, karena banyak kegagalan software berasal dari tidak konsisten, tidak lengkap, atau hanya salah persyaratan spesifikasi. Dalam RE terdapat proses yaitu requirement analysis untuk melakukan analisis kebutuhan user. Prototyping adalah salah satu metode untuk menganalisis kebutuhan user. Salah satu metode prototyping adalah evolutionary prototyping. Penggunaan evolutionary prototyping pada sistem informasi HRD untuk berfokus pada kebutuhan dasar yang dimengerti user kemudian kebutuhan baru akan ditambahkan sesuai iterasi sehingga menghasilkan prototype. Prototype tersebut kemudian dievaluasi oleh direktur PT. Mulia Agung Chemindo selaku pemimpin perusahaan yang mengerti seluruh proses bisnis pada perusahaan menggunakan formulir checklist. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan sebesar 19% dari existing business process dengan mendapatkan penambahan fitur pada future business process. Dengan melihat hasil evaluasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa prototype yang dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan user. Kata kunci: Requirement Engineering, Requirement Analysis, Evolutionary Prototyping

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Menggunakan Metode Evolutionary Prototyping (Studi Kasus: HRD (Human Resource Development) PT. Mulia Agung Chemindo)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PULUNG SRI HARTONO
Perorangan
Amarilis Putri Yanuarifiani, Dawam Dwi Jatmiko Sumawi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini